Buah Lokal Rasa Impor

By dedeayu, Senin, 5 September 2016 | 17:00 WIB
Buah Lokal Rasa Impor (dedeayu)

      SajianSedap.com – Harga buah-buahan impor yang mahal memang membuat kita mengernyitkan dahi. Tapi, ternyata banyak buah lokal rasa impor dengan harga yang lebih bersahabat. Memang ada perbedaannya antara buah yang lokal dan yang impor seperti dari segi ukuran dan rasa. Namun, selama kandungan gizinya sama tinggi, kenapa tidak memilih yang lokal dan murah saja? Rasanya juga tak kalah enak.

      Yuk, mari kita lebih selektif dalam memilih buah. Berikut ini adalah buah-buahan yang sering diimpor dan berharga tinggi, yang tanamannya juga tumbuh subur di dataran Indonesia.

Cape Gooseberry

       Jika Anda berkunjung ke supermarket premium, tengoklah bagian rak buah impor. Biasanya, akan ada buah bulat eksotis berwarna oranye. Buah tersebut diselubungi daun berwarna kuning dan berbentuk seperti lentera. Itulah yang disebut buah cape gooseberry.

      Harga buah ini cukup tinggi, karena diimpor dari Tiongkok. Padahal, buah ini tumbuh liar di Indonesia. Di Indonesia, buah ini disebut ciplukan. Maka, berbahagialah jika di halaman rumah Anda tumbuh cape gooseberry lokal alias ciplukan.Jeruk Dekopon

       Jeruk dekopon merupakan jeruk khas Jepang. Rasanya sangat manis dengan daging yang tebal. Kulitnya juga tebal dan memiliki semacam gunungan di bagian ujungnya.

      Tadinya jeruk ini hanya diimpor dari Jepang dan harganya mencapai USD 79 per enam buah. Akan tetapi, kini tanaman jeruk ini juga tumbuh subur di Lembang. Harganya juga menjadi lebih murah, sekitar Rp. 100.000,- saja per kilogram.

Persimmon

      Buah persimmon merupakan buah premium impor yang hampir selalu ada di bagian rak buah impor pada supermarket besar. Ukuran buah ini cukup besar. Satu buahnya saja, bisa dihargai sekitar Rp. 90.000,-.

      Namun, jangan khawatir, Sobat Sase. Jika penasaran dengan rasanya, cukup coba buah kesemek yang termasuk ke dalam jenus buah persimmon. Rasanya juga hampir sama, bahkan lebih manis dan bertekstur.Pomegranate

      Buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi ini merupakan buah yang cukup terkenal. Pomegranate segar dijual mahal, mencapai ratusan ribu per kilogramnya. Jika Anda ingin mencicipinya, petik saja buah delima di halaman. Walau delima alias pomegranate lokal ini berukuran kecil, rasanya tidak kalah enak.      Nah, itulah buah-buahan lokal rasa impor yang ada di negara kita. Cermatlah saat belanja. Dengan modal yang tidak banyak, ternyata kita dapat mencicipi versi lokal dari buah-buahan mahal. (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: WWW.RYYLXJW.COM