Mengenal Berbagai Macam Saus Pizza

By dedeayu, Minggu, 4 September 2016 | 17:00 WIB
Mengenal Berbagai Macam Saus Pizza (dedeayu)

      SajianSedap.com – Ada berbagai macam saus pizza yang bisa Anda coba. Jika Anda hanya akrab dengan salah satunya, kini saatnya untuk mengeksplor cita rasa saus yang lain. Buat sendiri saja saus pizza di rumah kalau tidak bisa menemukannya di restoran pizza favorit. Umumnya, hidangan khas Italia tidak memerlukan banyak bahan yang rumit, kok. Yang penting adalah penggunaan bahan-bahan segar di rumah. Berikut ini adalah saus pizza khas Italia yang bisa dicoba.

Saus Tomat

      Saus tomat atau saus merah merupakan saus pizza paling umum yang bisa ditemukan di mana saja. Saus ini cocok hampir dengan semua jenis topping. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan, di antaranya adalah bawang bombay, bawang putih, berbagai bumbu daun, minyak zaitun, dan tentu saja tomat.

Saus Krim

      Saus krim atau saus putih adalah saus pizza yang paling terkenal setelah saus tomat. Saus ini lebih tawar jika dibandingkan dengan saus tomat. Akan tetapi, karena terdiri dari roux (campuran antara mentega dan tepung yang dipanaskan) dan susu, cita rasanya cukup tebal. Saus putih ini cocok dipadukan dengan topping yang ringan seperti ayam, lemon, sayuran, dan labu-labuan.

Saus Minyak Zaitun

      Saus minyak zaitun merupakan saus yang paling ringan di antara semua jenis saus pizza lainnya. Bahan dasarnya tentu saja minyak zaitun, sehingga rasanya tidak seberat saus lainnya.

      Salah satu contoh saus ini adalah saus pesto yang terbuat dari basil, bawang putih, kacang pinus, dan keju parmesan. Contoh saus lainnya adalah saus bawang putih yang terdiri dari minyak zaitun dan bawang putih saja.

Saus Spesialti

      Saus ini adalah saus yang tidak bisa digolongkan ke ketiga saus di atas. Variasinya juga luas. Contohnya adalah saus gremolata yang terbuat dari lemon dan bawang putih, saus muhammara dari paprika panggang, saus tapenade dari buah zaitun dan kacang badam, serta saus barbecue asam segar. Pasangkan saus ini dengan topping yang sesuai.

      Itulah berbagai saus pizza yang bisa dicoba. Jika saus yang Anda pilih memiliki rasa yang kuat, pilihlah topping dengan rasa yang ringan. Sebaliknya, jika saus yang Anda pilih memiliki rasa yang ringan, pilihlah topping yang lebih berat. (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: FOOD.COM