Mengenal Bonito Flakes, Pelengkap Lezatnya Udon

By dedeayu, Senin, 5 September 2016 | 17:00 WIB
Mengenal Bonito Flakes, Pelengkap Lezatnya Udon (dedeayu)

      SajianSedap.com – Penyuka masakan Jepang pasti akrab dengan bonito flakes. Tidak hanya ditaburkan di atas udon atau berbagai mi khas Jepang, bonito flakes juga ditaburkan di hidangan gurih asal Jepang lainnya sepertii takoyaki dan okonomiyaki. Selain penampilannya yang menarik dan tampak “bergoyang” di atas makanan, rasa bonito flakes juga gurih dan sedap.

      Bonito flakes merupakan pelengkap makanan Jepang terbuat dari ikan cakalang. Proses membuatnya cukup panjang. Proses ini dimulai dari membuang kepala ikan, menguliti ikan, dan membuang isi perutnya. Daging perut yang lembut dan berminyak pun turut dibuang karena tidak dapat diawetkan.

      Begitu ikan bersih, langkah berikutnya adalah  menyusun dan merebusnya di atas api kecil, selama 60 hingga 90 menit bergantung kepada ukuran ikannya. Tulang ikan juga dibuang setelah proses perebusan agar lebih mudah. Ikan yang telah difillet kemudian diasapi hingga sebulan lamanya. Ikan diasapi selama 5-6 jam, diistirahatkan selama seharian agar menguap, lalu diasapi kembali. Proses ini diulangi hingga 15 kali lamanya.

      Proses terakhirnya adalah proses fermentasi. Fillet ikan yang telah diasapi disemprot dengan kultur Aspergillus Glaucus, lalu diperam di ruangan tertutup selama dua minggu. Kultur ini juga membantu menyerap kelembaban ikan. Setelah proses selesai, sisa-sisa kultur dibuang, lalu ikan yang telah mengering membentuk tekstur kayu diserut tipis menyerupai serutan kayu.

      Proses panjang ini membuat rasa bonito flakes menjadi menarik. Rasanya merupakan gabungan antara rasa gurih ikan, aroma asap, juga sensasi pemeraman yang membuatnya asin dan sedikit asam.

      Selain sebagai taburan, bonito flakes juga merupakan bahan dasar dari pembuatan kaldu dashi. Kaldu ini terbuat dari rebusan rumput laut dan bonito flakes. Masyarakat Jepang percaya bahwa kaldu ini dapat menyembuhkan pilek dan kelelahan. Kepercayaan ini juga dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Biokimia Klinis dan Nutrisi Jepang tahun 2008.

      Tidak ada salahnya membuat kaldu dashi dari bonito flakes sebagai pengganti kaldu ikan atau kaldu sapi di rumah Anda, Sobat SaSe. Anda juga bisa menaburkannya di makan siang atau makan malam, agar pengalaman makan menjadi lebih menarik. Mari mencoba bonito flakes di berbagai masakan. (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: REFERENCE.COM