Mengolah Sumsum Sapi Secara Benar

By dedeayu, Jumat, 9 September 2016 | 17:00 WIB
Mengolah Sumsum Sapi Secara Benar (dedeayu)

      SajianSedap.com – Apakah Anda berniat mengolah sumsum sapi untuk hidangan santap siang dan santap malam, namun tidak tahu caranya? Jangan khawatir, Sobat SaSe. Walaupun sumsum sapi terlihat besar dan sulit dimasak, sebenarnya Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah.

      Sumsum sapi memiliki kadar lemak tinggi, namun rasanya cukup ringan. Bagian ini juga bergizi tinggi. Tekstur sumsum sapi yang lembut merupakan tambahan yang lezat untuk hidangan berbahan daging sapi Anda buat. Agar lebih mudah untuk diolah, mintalah tukang daging untuk memotong tulang sapi sepanjang 5-10 cm, supaya sumsum sapi lebih mudah untuk dikeluarkan.

      Tulang sapi yang biasa diambil sumsumnya adalah tulang kaki sapi, karena bentuk tulangnya yang lurus, besar, dan tebal, sehingga memudahkan sumsum untuk diambil. Ukuran sumsum sapinya juga lebih besar dibandingkan dengan ukuran sumsum yang berasal dari bagian tulang lainnya.

      Jika ingin menghemat tempat di kulkas, Anda dapar mengeluarkan sumsum sapi mentah dari tulangnya sebelum disimpan. Caranya, selipkan pisau kecil di antara tulang dan sumsum, agar sumsum sapi tidak menempel pada tulangnya. Dengan pisau yang sama, keluarkan sumsum sapi dari tulangnya sedikit demi sedikit hingga tulang bersih dari sumsum.

      Untuk menyimpan sumsum sapi, gunakan kontainer tertutup sebagai wadahnya. Jika disimpan di kulkas, sumsum sapi dapat bertahan selama 2-3 hari. Jika disimpan di freezer, sumsum akan bertahan selama dua bulan.

      Jika ingin langsung mengolah sumsum plus tulangnya untuk sup, panggang dahulu selama 45-90 menit, lalu rebus tulang di panci besar. Usahakan posisi tulang vertikal supaya sumsum tidak mudah mengalir keluar. Agar kandungan mineralnya lebih meresap ke kaldu, tambahkan sedikit cuka. Rebus di api kecil selama satu jam. Sumsum akan menjadi lembut dan enak.

      Sumsum juga akan memperkuat cita rasa pada kaldu. Rebus tulang dan sumsumnya selama delapan jam di sepanci penuh air untuk membuat kaldu tulang sapi yang lezat. Chef asal Italia, Giada de Laurentiis, juga menggunakan tulang kaki sapi penuh sumsum sebagai salah satu bahan rahasia dalam membuat saus tomat khas Italia. Sumsum yang meleleh keluar akan memperkuat rasa saus tomat.

      Nah, Sobat SaSe, itulah cara untuk mengolah sumsum sapi. Mari mencoba untuk memasaknya di rumah anda. Sudah pasti pujian akan Anda dapatkan dari keluarga. (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: THECOVETEUR.COM