Aneka Masakan Daging Ala Jepang

By dedeayu, Kamis, 8 September 2016 | 17:00 WIB
Aneka Masakan Daging Ala Jepang (dedeayu)

      SajianSedap.com – Masakan daging ala Jepang memiliki raas yang khas. Kombinasi rasa manis dan asin pada bumbunya membuat rasa daging semakin keluar. Apalagi Jepang mempunyai jenis daging sapi yang terkenal, yaitu daging sapi Kobe. Pasti mengolahnya pun bukan urusan sulit bagi orang Jepang. Berikut ini adalah masakan daging ala Jepang yang bisa Anda coba di rumah.

Gyudon

      Gyudon merupakan hidangan nasi dalam mangkuk yang disajikan bersama tumisan daging dan bawang bombay di atasnya. Daging ditumis dengan bumbu manis yang terbuat dari dashi (kaldu rumput laut dan ikan bonito), kecap asin, dan mirin (minuman beras Jepang).

Shabu-shabu

      Shabu-shabu adalah hidangan hotpot khas Jepang. Salah satu bahan utamanya adalah irisan daging sapi. Untuk memasaknya, diperlukan panci khusus berisi kaldu (biasanya kaldu dashi atau rumput laut) yang secara kontinu diletakkan di kompor dengan nyala api kecil. Bahan-bahan seperti daging dan sayur dimasak satu per satu dan langsung dimakan dengan ponzu (saus kecap dan jeruk) dan goma (saus wijen).

Japanese Beef Curry

       Walau populer sebagai hidangan Jepang, kari dengan isi potongan daging ini sebenarnya berakar dari India, lalu dibawa oleh orang Inggris ke Jepang. Kari ini menggunakan dasar roux (tepung dan mentega yang dipanaskan) sehingga lebih kental. Karena orang Jepang suka rasa manis, terkadang parutan apel turut ditambahkan. Potongan besar kentang dan wortel pun menambah nutrisinya.

Beef Tataki

      Hidangan Jepang ini unik dan mirip dengan sashimi ikan. Proses membuat beef tataki dimulai dari merendam fillet daging di campuran kecap ikan, sake, dan mirin. Lalu, daging dibakar bagian luarnya di atas pan atau wajan datar untuk sekadar memberikan warna coklat. Setelah itu, daging diiris tipis sehingga terlihat bagian dalamnya yang masih mentah. Seperti daging shabu, tataki juga disajikan dengan ponzu.

Beef Katsu

      Beef katsu merupakan gorengan daging sapi yang terkenal di Jepang. Seperti beef curry, beef katsu merupakan hidangan Jepang yang mengadopsi ciri kuliner negara lain. Beef katsu, khususnya, dipengaruhi oleh kuliner Barat. Ciri khas Jepang pada makanan ini adalah pelapis daging yang menggunakan panko, yaitu tepung roti halus ala Jepang. Beef katsu disajikan bersama dengan kecap Jepang dan bumbu celup yang terbuat dari dashi.

      Walaupun masih ada banyak jenis lagi, itulah beberapa masakan daging ala Jepang yang paling populer. Bagaimana, Sobat SaSe, tertarik untuk membuatnya di rumah? (DV/dari berbagai sumber)

 FOTO: SERIOUSEATS.COM