Jenis Sayuran Terbaik untuk Dijus

By dedeayu, Rabu, 14 September 2016 | 17:00 WIB
Jenis Sayuran Terbaik untuk Dijus (dedeayu)

      SajianSedap.com – Tidak hanya memilih buah terbaik untuk dijadikan minuman, kita juga harus selektif memilih sayuran terbaik untuk dijus. Proses penghancuran sayur selama dijus akan memecah dinding selnya, sehingga nutrisi akan mudah terserap oleh tubuh. Rasa sayuran yang mungkin kurang enak juga dapat disamarkan apabila Anda mencampurnya dengan buah-buahan yang manis seperti nanas dan apel.

      Berikut ini merupakan sayur-sayuran terbaik untuk dibuat menjadi jus.

Bok Choy

       Bok choy memiliki rasa getir yang khas. Batangnya berair dan rasanya lebih khas dan tajam daripada bayam. Sayuran ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, dan kalsium. Bok choy berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan jantung, imunitas, dan kesehatan tulang.

Bayam

      Bayam sering ikut dijus karena rasanya yang tawar, tidak seperti sayur-sayuran lainnya yang memengaruhi rasa akhir jus. Harganya pun murah. Bayam tinggi mineral, di antaranya adalah potasium, protein, kalsium, dan zat besi. Bayam juga tinggi vitamin A, C, dan beberapa jenis vitamin B.

Bit

      Bit yang sering disebut sebagai buah ini sebenarnya merupakan umbi-umbian. Warnanya merah cerah. Bit kaya akan serat, folat, dan mangan. Rasanya juga manis alami, namun agak beraroma tanah. Bit dapat meningkatkan energi, memerangi kanker, dan menjaga kesehatan jantung. Bit cocok dipadukan dengan buah lain yang bercita rasa asam dan segar, seperti jeruk-jerukan.

Wortel

       Wortel merupakan salah satu jenis sayuran umbi yang paling sering dijus. Rasanya manis dan hampir mirip dengan rasa buah-buahan. Apalagi bila dipadukan dengan buah jeruk, rasa langunya akan menghilang. Wortel mengandung kadar beta karoten yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan mata. Sayuran ini juga dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan membersihkan ginjal.

Kale

      Anda yang senang berbelanja di bagian sayuran impor pasti tahu sayuran yang satu ini. Kale adalah sayuran dari keluarga krusifera. Sayur ini dapat menurunkan kadar kolesterol pada darah. Khasiatnya justru akan meningkat apabila dikukus terlebih dahulu. Kale juga mengandung 45 jenis flavonoid yang dapat mencegah inflamasi kronis dan menghalau oksidasi.

      Nah, sobat SaSe, itulah sayur-sayuran terbaik untuk anda jus. Khasiatnya akan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Cocok pula untuk mendetoksifikasi tubuh selepas makan-makanan yang berlemak tinggi. Selamat mencobanya di rumah. (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: WITHFOODANDLOVE.COM