Mengenal Berbagai Produk Olahan Tomat

By dedeayu, Rabu, 14 September 2016 | 17:00 WIB
Mengenal Berbagai Produk Olahan Tomat (dedeayu)

      SajianSedap.com – Mari mengenal berbagai produk olahan tomat untuk digunakan di dapur Anda. Walau sama-sama terbuat dari tomat, cita rasanya berbeda dan fungsinya pun macam-macam. Berikut ini adalah berbagai produk olahan tomat yang bisa digunakan untuk berbagai masakan.

Saus Tomat

      Saus tomat, yang nama lainnya adalah ketchup, merupakan saus yang terbuat dari campuran tomat, pemanis (gula), cuka, dan berbagai bumbu-bumbu lain, yang membuat aromanya cukup menggoda dan menambah selera makan. Bumbu yang biasa dipakai antara lain bawang bombay, allspice, cengkeh, kayumanis, dan bawang putih. Saus ini merupakan produk olahan tomat yang paling banyak dipakai di Indonesia.

Canned Tomato

      Tomat kalengan merupakan tomat yang telah dikupas, kemudian dipanaskan hingga lembut, dan dikemas dalam kaleng. Tomat yang digunakan untuk produk ini biasanya jenis tomat yang lebih sedikit jumlah airnya, agar lebih bertekstur. Jenis tomat kalengan dibedakan melalui potongan tomatnya. Ada yang hanya dikupas (peeled), dihancurkan (ground), digeprek (crushed), dan dipotong dadu (diced). Tomat kalengan biasa digunakan untuk masakan Italia dan Meksiko.

Sun-Dried Tomato

      Produk ini merupakan produk tomat yang berbentuk kering. Sun-dried tomato sering ditambahkan sebagai taburan makanan Italia, namun sering pula digunakan untuk memerkuat rasa pada berbagai saus. Sun-dried tomato dibuat dengan cara menjemurnya di sinar matahari. Sebelum dijemur, tomat juga dibumbui dengan garam. Tomat akan kehilangan kelembabannya, namun nutrisinya tetap bertahan. Rasanya juga semakin kuat.

Tomato Paste

       Tomato paste merupakan jenis produk tomat yang berbentuk pasta kental. Pasta ini dibuat dengan cara merebus tomat selama beberapa jam, kemudian disaring, lalu direbus kembali untuk mengentalkannya hingga hampir padat. Guna tomato paste adalah untuk memberikan rasa tomat yang kuat pada hidangan tanpa menambahkan cairan alaminya.

Tomato Puree

      Tomato merupakan produk tomat yang hampir mirip dengan saus tomat. Konsistensinya lebih kental dan rasa tomatnya lebih kuat. Proses pembuatan tomato puree dimulai dari menghilangkan daun dan tangkainya. Terkadang, kulitnya juga juga dibuang. Tomat kemudian dihancurkan dengan mesin. Umumnya, tomato puree memiliki 14% kadar tomat solid di dalamnya. Tomato puree digunakan untuk membuat saus pomodoro dan marinara.

      Itulah berbagai produk olahan tomat yang dapat digunakan di masakan Anda. Jangan sampai tertukar, ya. (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: UPROOTKITCHEN.COM