Pemotong Sayuran Spiral Membuat Cantik Hidangan

By dedeayu, Sabtu, 17 September 2016 | 17:00 WIB
Pemotong Sayuran Spiral Membuat Cantik Hidangan (dedeayu)

      SajianSedap.com – Jika melihat sayuran yang berbentuk pita atau mi panjang yang melengkung, dipastikan sayuran tersebut dipotong dengan pemotong sayuran spiral atau spiral cutter. Pemotong sayuran jenis ini memang sedang tren, apalagi di kalangan pelaku gaya hidup sehat.

      Dengan menggunakan pemotong sayuran ini, sayuran akan berbentuk serupa mi, spageti, fettucini, atau pappardelle. Sayuran yang telah dipotong dapat dimasak dengan bumbu pasta atau mi. Membuat kita mendapatkan sensasi makanan tersebut, namun tanpa karbohidrat.

      Ada dua jenis pemotong sayuran spiral yang terdapat di pasaran. Pemotong sayuran spiral pertama berukuran kecil dan dapat digenggam. Bentuknya seperti jam pasir dengan dua sisi (atas dan bawah). Ada gerigi-gerigi pisau sayuran di tiap sisi tersebut. Satu sisi dapat memotong sayuran berbentuk mi tebal (spageti), dan satu sisi lagi dapat memotong sayuran berbentuk mi tipis (fettucini). Prinsip pemotongan dan cara penggunaannya sama seperti rautan pensil manual.

      Pemotong sayuran spiral kedua terbuat dari plastik, berbentuk seperti mesin dengan tuas pemutar. Jika dilihat, mesin ini cukup menyeramkan. Tampak seperti paduan alat hukuman guillotine Perancis di satu sisi, dengan piringan berduri di sisi lainnya. Piringan berduri tersebut sebenarnya merupakan alat untuk menaruh sayuran, sedangkan sisi satunya merupakan tempat meletakkan bilah-bilah pemotong yang dapat membentuk sayur menjadi bermacam-macam mi. Untuk menggunakannya, cukup jepit sayuran dan putar tuasnya.

      Salah satu makanan paling terkenal yang diolah menggunakan alat ini adalah zoodles, alias zucchini noodles atau mi zukini. Teksturnya yang padat, rasanya yang tawar, dan baunya yang tidak langu membuat zukini paling pas diolah menjadi “mi”. Jika dimasak pun, zoodles tidak akan hancur.

      Selain zukini, sayuran yang dapat dipotong menggunakan pemotong sayuran spiral adalah jenis sayuran dengan tekstur yang padat dan berpati seperti labu-labuan. Begitu juga umbi-umbian seperti ubi rambat, kentang, bit, wortel besar, lobak, dan bengkuang. Timun Inggris yang lebih kering daripada timun biasa, dan terung Jepang yang  lebih padat dari terung pada umumnya, pun dapat diproses dengan alat ini. Tapi ingat, jangan lupa untuk membuang biji-bijian pada sayuran sebelum mengolahnya.

      Tidak hanya untuk membuat pengganti mi. Spiral cutter ini juga dapat Anda gunakan sekadar untuk mempercantik bentuk sayuran, baik untuk salad ataupun sayuran masak. Dan, dapat pula digunakan untuk membentuk kentang atau ubi goreng.

      Siap untuk mengolah sayuran menggunakan pemotong sayuran spiral, Sobat SaSe? (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: BONAPPETIT.COM