Jenis Mesin Kopi di Berbagai Kafe

By dedeayu, Rabu, 14 September 2016 | 17:00 WIB
Jenis Mesin Kopi di Berbagai Kafe (dedeayu)

      SajianSedap.com – Jika Anda pecinta kopi dan senang memerhatikan jenis mesin kopinya, Anda akan tahu betapa kualitas mesin mempengaruhi rasa kopi anda. Mesin kopi yang baik dan dibantu oleh tenaga barista yang mumpuni, dapat membuat kopi terasa lebih enak dan harum.

      Berikut ini adalah mesin kopi yang sering ditemui di berbagai kafe dan coffee shop.

Mesin Kopi Otomatis

      Mesin kopi ini merupakan mesin kopi yang paling praktis. Anda bisa menemukannya di convenience store atau mini market terdekat. Mesin kopi ini diprogram untuk menghasilkan minuman jadi hanya dengan satu tombol saja. Umumnya, satu mesin dapat menghasilkan beberapa jenis minuman seperti kopi, kopi susu, cokelat, dan teh.

Mesin Kopi Semi-Otomatis

       Mesin kopi semi-otomatis merupakan mesin kopi yang bentuknya paling rumit. Biasanya mesin ini berukuran besar. Inilah alat pembuat kopi yang biasa kita temui di coffee shop.

      Mesin kopi ini membutuhkan tenaga khusus untuk mengoperasikannya, yaitu barista, karena mesin ini perlu diatur tiap digunakan dan dibersihkan tiap selesai jam operasi. Perangkat-perangkatnya juga cukup banyak, mulai dari portafilter (tempat kopi diletakkan), boiler (tempat air), penghangat gelas, hingga milk steamer (tungkai untuk membuat susu berbusa).

Mesin Kopi Kapsul

       Mesin kopi kapsul merupakan mesin kopi yang paling kecil di antara jenis mesin kopi lainnya. Walau belum begitu umum di Indonesia, mesin ini lebih cocok untuk digunakan di rumah.

      Mesin ini juga biasa ada di coffee shop tematik atau coffee shop yang mengusung satu merk tertentu. Hampir sama dengan mesin kopi otomatis, mesin kopi kapsul dioperasikan dengan menekan tombol saja. Namun, kopi yang digunakan adalah kopi khusus dalam kemasan kapsul atau pod, dan kita harus memasukkan kapsul tersebut ke dalam mesin kopi untuk membuat secangkir kopi.

      Itulah jenis mesin kopi yang biasa kita temukan di berbagai kafe atau coffee shop. Menurut Anda, mesin kopi mana yang menghasilkan kopi yang paling enak? (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: HOTEL-MAGAZINE.CO.UK