Alat Seduh Kopi Manual Praktis dan Rumahan

By dedeayu, Rabu, 14 September 2016 | 17:00 WIB
Alat Seduh Kopi Manual Praktis dan Rumahan (dedeayu)

      SajianSedap.com – Apabila Anda pecinta kopi, kenapa tidak coba menggunakan berbagai alat seduh kopi manual? Tentu harganya tidak semahal mesin kopi, bahkan mesin kopi termurah sekalipun. Berikut ini adalah alat seduh kopi manual praktis yang bisa dicoba di rumah.

Vietnam Drip

      Vietnam drip adalah jenis alat seduh kopi manual yang paling banyak dimiliki oleh pecinta kopi di Indonesia. Harganya cenderung murah. Ukurannya juga kecil, sehingga praktis untuk dirawat dan dibersihkan.

      Vietnam drip biasanya terbuat dari baja tahan karat. Alat ini terdiri dari wadah drip yang berlubang-lubang di bagian bawahnya dan pressing tool yang berfungsi untuk memberi tekanan pada kopi saat proses dripping, sehingga kopi akan seperti diperas.

      Untuk menggunakannya, letakkan wadah dripping di atas gelas, lalu beri kopi di atasnya. Tutup dengan pressing tool dan beri air panas ke atas kopi. Kopi yang kental akan menetes ke dalam gelas.

Siphon

      Alat ini cocok digunakan Anda yang memiliki anggaran lebih serta jiwa eksperimental. Bentuk alat ini mirip dengan bejana dan pemanas yang ada di laboratorium.

      Alat ini terdiri dari dua bejana bulat yang ditumpuk dan dipisahkan filter. Di bagian bejana, terdapat burner atau kompor kecil untuk memanaskan kopi.

      Air dipanaskan di bejana bawah hingga mendidih. Uapnya akan naik ke bejana atas dan mengembun. Setelah air muncul di bejana atas, kopi bubuk pun dimasukkan ke sana. Air akan terus naik memenuhi bejana atas. Setelah bejana atas penuh, kopi pun diaduk. Api dimatikan dan kopi akan turun kembali ke bejana bawah dalam keadaan sudah tersaring. Canggih, bukan?

V60

      V60 adalah alat seduh kopi yang menggunakan filter kertas. Bentuknya cukup sederhana, hanya terdiri dari corong berbentuk kerucut dan diberi dasar yang datar agar dapat diletakkan di atas gelas.

      Cara menggunakannya juga mudah. Letakkan corong V60 di atas gelas dan lapisi dengan kertas filter. Basahi kertas filter dengan air agar bau kertasnya hilang. Letakkan kopi bubuk di atasnya dan seduh perlahan-lahan dengan air. Kopi akan menetes dari alat V60 ke dalam gelas. Kopi yang dihasilkan memang tidak terlalu kental, namun profil rasanya akan lebih keluar.

      Sobat SaSe, itulah alat seduh kopi manual yang bisa Anda miliki di rumah. Dengan alat tersebut, kopi enak ala coffee shop bisa Anda nikmati kapan saja. (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: SAIGONCOFFEE.COM