Membuat Poached Egg yang Sempurna

By dedeayu, Kamis, 15 September 2016 | 17:00 WIB
Membuat Poached Egg yang Sempurna (dedeayu)

      SajianSedap.com – Jika ingin sarapan dengan telur yang enak, kita harus tahu tips membuat poached egg yang sempurna. Siapa yang tidak suka poached egg, telur yang dimasak dengan cara dipecahkan dan langsung dimasak di air mendidih? Jika membuatnya dengan benar, hasilnya akan berbentuk oval atau bulat sempurna, dengan bagian putih yang langsung hancur saat digigit, juga kuning telur yang meleleh ke roti dan bahan sarapan lain di piring. Menjadi saus alami yang enak buat sarapan Anda.

      Menu yang menggunakan poached egg banyak ditemui di kafe-kafe, terutama kafe menengah ke atas yang menjual menu sarapan. Poached egg sebenarnya bisa dibuat di rumah, namun ada rahasia tersendiri untuk membuatnya lezat dan cantik seperti buatan kafe. Banyak yang mencoba membuat poached egg sendiri tapi gagal. Jika rasanya enak pun, hasilnya tidak cantik. Padahal, untuk membuatnya, hal yang dibutuhkan tidak begitu sulit.

      Pertama, pastikan telur yang Anda gunakan benar-benar segar. Telur mentah yang masih segar akan menghasilkan poached egg yang mulus bagian luarnya. Sebaliknya, telur yang sudah tidak segar akan mengalami perubahan kualitas. Jika dimasak menjadi poached egg, telur akan menggumpal.

      Kedua, tambahkan cuka di air yang sedang dimasak. Cuka akan membantu putih telur terbentuk dengan cepat. Tapi ingat, jangan tambahkan cuka terlalu banyak agar tidak asam. Cukup teteskan sedikit saja di sepanci air.

      Ketiga, sebelum telur dimasukkan, aduk-aduk air memutar hingga terbentuk pusaran. Nantinya, telur akan dimasukkan di tengah-tengah pusaran. Gunanya adalah untuk membentuk telur agar bulat dan tidak berserabut.

      Keempat, jangan langsung memecahkan telur di atas air mendidih. Pecahkan telur terlebih dahulu di mangkok atau ramekin kecil. Jika langsung dipecahkan di atas air mendidih, akan ada jeda waktu beberapa detik setelah air diaduk memutar. Pusaran air pun akan menghilang. Jika menggunakan telur yang sudah ditaruh di mangkuk terlebih dahulu, telur dapat dimasukkan tepat waktu.

      Terakhir, angkatlah telur pelan-pelan dengan sendok berlubang dan langsung keringkan di atas tisu dapur. Pastikan tidak ada lagi tetesan air yang keluar dari telur. Telur yang berair tentu akan mengurangi kenikmatan sarapan Anda.

      Bagaimana, mudah diikuti, bukan, tips membuat poached egg yang sempurna ini? Selamat bereksperimen di rumah, Sobat SaSe. (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: TECHINSIDER.IO