Membuat Pewarna Makanan Biru Alami

By dedeayu, Kamis, 15 September 2016 | 17:00 WIB
Membuat Pewarna Makanan Biru Alami (dedeayu)

      SajianSedap.com – Pewarna makanan biru alami bukanlah hal yang mustahil untuk dibuat di rumah. Dengan memilih bahan terbaik dan mengolahnya dengan benar, makanan cantik berwarna biru bisa Anda nikmati di rumah.

      Memang jika kita memerhatikan, jarang ada bahan alami yang berwarna biru. Warna bahan makanan yang paling mendekati biru adalah ungu tua. Umumnya, warna ungu tua pada makanan berasal dari pigmen antosianin, pigmen biru yang berubah menjadi ungu apabila suasananya asam. Jadi, dengan membuat suasananya menjadi alkali atau basa, kita dapat mengubah warna ungu pada makanan tersebut menjadi biru.

      Salah satu bahan pewarna biru alami pada makanan yang bisa kita pakai adalah kol ungu. Selain memiliki warna ungu yang pekat, rasanya juga tawar sehingga tidak akan mempengaruhi rasa makanan nantinya.

      Inilah cara membuat pewarna biru dari kol ungu.

  1. Iris-iris kasar satu buah kol ungu.
  2. Masukkan kol ke panci besar. Tambahkan sekitar satu liter air.
  3. Rebus kol merah selama 20 menit. Matikan api, lalu buang kol yang telah direbus. Air yang tersisa akan berwarna ungu tua.
  4. Rebus kembali air kol dengan api kecil hingga tersisa sekitar 80-120 ml. Karena telah menyusut, cairan ini bertekstur kental. 
  5. Pindahkan cairan ke wadah bening dan tunggu hingga dingin.
  6. Sedikit demi sedikit, tambahkan soda kue hingga warnanya menjadi biru. Bahan ini akan membuat konsentrat kol ungu bersifat alkali.
  7. Untuk melihat apakah pewarna ini sudah berwarna biru, gunakan susu kedelai atau santan. Teteskan pewarna ini ke sedikit susu atau santan. Jika warnanya masih ungu, tambahkan kembali soda kue. Jika warnanya agak hijau, berarti Anda soda kue yang ditambahkan terlalu banyak. Birukan kembali dengan sedikit air jeruk atau cuka.
  8. Pewarna biru siap untuk digunakan.

      Selain kol ungu, ada bahan pewarna biru alami lainnya yang dapat digunakan, yaitu bunga telang. Sayangnya, bunga telang tidak begitu mudai ditemui di pasaran. Padahal, bunga ini benar-benar berwarna biru, bukan ungu seperti kol.

      Cara menggunakannya, cukup rendam sekitar 12 bunga telang kering di 3 sendok makan air panas. Ketika sudah dingin, peras bunga telang dan gunakan cairannya. Seperti halnya pewarna dari kol ungu, pewarna biru bunga telang ini akan menjadi ungu apabila suasananya asam.

      Mudah, bukan, membuat pewarna makanan biru alami dari bahan-bahan di sekitar kita? Semoga Sobat SaSe dapat mempraktikkannya di rumah, ya. (DV/ dari berbagai sumber)

  FOTO: BECUO.COM