Magic Cake: Satu Adonan, Tiga Lapis Kue!

By dedeayu, Kamis, 15 September 2016 | 17:00 WIB
Magic Cake: Satu Adonan, Tiga Lapis Kue! (dedeayu)

      SajianSedap.com – Tren makanan di media sosial memang tidak ada habisnya, termasuk tren magic cake. Kue yang tengah populer di media sosial Instagram dan Pinterest ini amat menarik. Sebabnya, magic cake dibuat dari satu jenis adonan saja. Namun, setelah dipanggang, akan terbentuk tiga lapisan kue.

      Lapisan paling bawah kue ini bertekstur padat, berat, dan lembab. Mirip seperti brownies, namun lebih basah. Lapisan bagian tengahnya bertekstur seperti vla kue sus. Lembut, manis, dan creamy. Sedangkan bagian atasnya bertekstur ringan seperti kue spons.

      Wah, kok bisa, ya? Padahal, adonan yang dipakai untuk membuat magic cake ini tidak begitu ajaib, Sobat SaSe. Untuk membuat magic cake dasar, bahan yang diperlukan hanya telur, gula, mentega, tepung terigu, dan susu.

      Ternyata, hal yang membuat kue ini jadi kue ajaib adalah proses pembuatannya. Magic cake dipanggang dengan suhu yang rendah, yaitu 150 derajat Celcius saja. Karena suhu oven yang rendah, adonan kue yang bertekstur agak cair seperti adonan pancake ini akan matang secara lambat. Lapisan terpisah pun terbentuk saat kue dipanggang.

      Bagian bawah kue padat karena lapisannya terjadi dari campuran kuning telur dan tepung yang “tenggelam” ke dasar loyang. Api bawah oven pun lebih dahulu mematangkan lapisan ini sehingga menjadi dasar kue yang kokoh. Sementara itu, bagian tengah yang bertekstur mirip vla kue ini terbuat dari susu. Adonan ini terbentuk karena rasio susu dan tepung yang tidak seimbang. Bagian atas kue yang ringan pun terbentuk karena kocokan putih telur dalam adonan yang mengapung. Bagian ini juga matang paling akhir sehingga tidak begitu kering seperti meringue.

      Untuk membuat kue ini, pisahkan putih dan kuning telur. Putih telur dikocok tangan setengah kaku dengan whisk agar teksturnya tidak begitu rata. Di wadah lain, kuning telur dikocok dengan gula, lalu diaduk dengan lelehan mentega. Setelah itu, tepung ditambahkan ke adonan kuning telur sedikit demi sedikit. Setelah rata, susu pun ditambahkan sambil diaduk. Terakhir, putih telur dimasukkan sedikit demi sedikit dan diaduk hingga rata. Pindahkan adonan ke loyang, dan panggang di suhu rendah selama kira-kira satu jam.

      Tertarik untuk mencoba membuat magic cake, Sobat SaSe? Jangan lupa dipotret dan diunggah ke media sosial, ya! (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: TELEGRAPH.CO.UK