Berbagai Makanan Vegetarian India

By dedeayu, Kamis, 15 September 2016 | 17:00 WIB
Berbagai Makanan Vegetarian India (dedeayu)

      SajianSedap.com – Tidak diragukan lagi, makanan vegetarian India merupakan hidangan vegetarian yang paling kaya rasa. Berbagai bumbu yang digunakan membuatnya tak kalah lezat dengan hidangan daging-dagingan. Inilah makanan vegetarian India yang paling terkenal.

Paneer Tikka

      India punya keju khas yang disebut paneer. Keju ini tidak melalui proses pemeraman. Hanya terbuat dari dadih yang dimampatkan. Hasilnya adalah keju lembut yang padat dan tidak dapat dilelehkan.

      Salah satu cara mengolah paneer yang lezat adalah dengan cara membuat paneer tikka atau sate paneer. Untuk membuatnya, paneer direndam terlebih dahulu di campuran rempah. Lalu, keju ini ditusuk seperti sate dan dibakar. Umumnya, sate paneer diselang-seling dengan sayuran lain agar rasanya tidak terlalu berat.

Aloo Bonda

      Aloo bonda adalah gorengan kentang tumbuk yang dibumbui dengan campuran rempah-rempah. Kombinasi antara kentang, tepung, dan bumbu kari yang dibentuk bulat dan digoreng tentu mudah jadi favorit. Tidak heran kalau ini menjadi makanan vegetarian yang paling disukai anak-anak. Warnanya kuning terang karena penggunaan bubuk kunyit. Aloo bonda biasa disajikan dengan chutney kelapa atau saus tomat.

Palak Pakora

      Palak pakora mirip dengan keripik bayam yang banyak dijual di Indonesia. Bayam yang digunakan berukuran besar sehingga dapat dilapisi dengan tepung dan digoreng. Palak pakora menggunakan lapisan tepung yang encer terbuat dari tepung gandum, cabai, kunyit, asafoetida, pasta jahe, jintan, dan remah paneer. Palak pakora biasa disajikan chutney hijau, chutney asam jawa, atau chutney tomat.

Bhurtha

      Bhurtha adalah masakan India Utara yang terbuat dari terung. Hidangan ini dimasak dengan cara slow cook (merebus dengan waktu yang lama dengan api kecil). Tidak seperti masakan India lainnya yang berkuah kental dengan rasa yang kuat, Bhurtha lebih bercita rasa ringan. Apalagi penggunaan tomat membuatnya cenderung asam segar. Terung dimasak dengan bawang bombay, jahe, tomat, bawang putih, garam masala, dan lada cayenne selama sekitar enam jam. Hidangan ini disajikan dengan taburan daun ketumbar.

Channa Masala

      Channa masala alias kari biji lentil ini adalah makanan yang dapat dengan mudah Anda temukan di restoran India. Tekstur kacang lentil yang tidak begitu empuk membuat kari ini kaya akan tekstur. Bumbu chana masala terbuat dari bawang bombay, jintan, bawang putih, jahe, daun ketumbar, cabai hijau, ketumbar, cabai bubuk, kunyit, tomat, dan garam masala. Tidak heran rasanya sangat kompleks dan cocok dimakan bersama nasi.

      Sobat Sase, itulah berbagai makanan vegetarian India. Mari mencobanya di restoran favorit Anda. Jika bisa memasaknya, akan lebih baik, lho. (DV/ dari berbagai sumber)

 FOTO: SIMPLELIVINGEATING.COM