Perbedaan Cokelat Compound dan Couverture

By dedeayu, Minggu, 18 September 2016 | 17:00 WIB
Perbedaan Cokelat Compound dan Couverture (dedeayu)

      SajianSedap.com – Jika Anda pecinta cokelat, ketahuilah perbedaan antara cokelat compound dan couverture. Kedua cokelat ini mungkin terlihat serupa. Namun, mereka jauh berbeda, baik dari bahan, harga, maupun fungsinya.

      Sebelum diproses, kakao terdiri dari padatan kakao dan mentega kakao. Mentega kakao bernilai tinggi karena tidak hanya dipakai untuk keperluan kuliner, namun juga sebagai campuran bahan kosmetik. Mentega ini membuat rasa cokelat menjadi lembut, namun kaya. Jika seluruh cokelat memakai mentega kakao, harga cokelat akan sangat mahal.

      Sebagai alternatif, diciptakanlah cokelat compound. Ini adalah cokelat yang banyak dipakai dalam keperluan sehari-hari sebagai cokelat masak maupun cokelat batangan yang dapat langsung dimakan. Harganya juga terjangkau dikarenakan cokelat compound tidak menggunakan mentega kakao sama sekali.

      Umumnya, cokelat compound terdiri dari padatan kakao, pemanis, dan sebagai pengganti mentega kakao, lemak nabati. Jumlah campuran pemanis yang ada di dalam cokelat compound pun bisa sampai 50% sehingga rasanya manis.

      Sementara itu, cokelat couverture merupakan jenis cokelat yang lebih berkelas karena menggunakan mentega kakao. Jumlahnya pun tidak sembarangan, harus berkisar antara 32-39% dari seluruh cokelat. Begitu pula dengan jumlah padatan kakaonya yang harus lebih dari 35%. Sementara itu, sisanya adalah pemanis dan perasa tertentu. Cokelat couverture ini berharga jauh lebih mahal daripada cokelat compound.

      Namun, karena bahan mentega kakao itulah, cokelat couverture menjadi tidak begitu praktis untuk diolah. Mentega kakao bersifat tidak begitu stabil, karena mudah mengkristal menjadi bunga cokelat berwarna putih. Bahan ini, jika tidak diolah, juga membuat tekstur cokelat jadi terlalu lembek.

      Agar dapat dipakai, cokelat couverture harus melalui proses yang disebut tempering. Proses ini dimaksudkan untuk menghilangkan kristal mentega kakao. Melakukan tempering membutuhkan peralatan khusus sehingga hanya digunakan di toko cokelat kelas atas. Cokelat couverture juga mudah meleleh hingga butuh disimpan di suhu tertentu.

      Jika ingin pilihan yang lebih praktis dan murah untuk memasak, pilihlah cokelat compound. Cokelat ini tidak perlu ditemper. Namun, hati-hati akan kandungan gulanya. Sebaliknya, jika ingin cokelat kelas atas, cicipilah cokelat couverture dan produk yang mengandung cokelat ini.

      Itulah perbedaan antara cokelat compound dan couverture. Jangan sampai tertukar, ya, Sobat SaSe. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: HEALTHNUTNEWS.COM