Samphire si Asparagus Laut nan Gurih

By dedeayu, Minggu, 18 September 2016 | 17:00 WIB
Samphire si Asparagus Laut nan Gurih (dedeayu)

      SajianSedap.com – Jika Anda pernah melihat restoran yang menyajikan sayur hijau tidak berdaun yang bentuknya mirip dengan rumput laut dan asparagus, bisa dipastikan itu adalah samphire, asparagus laut yang terkenal di Inggris, Eropa, Afrika, dan Australia.

      Di berbagai restoran, terutama restoran kelas atas, samphire biasa disajikan sebagai hidangan sampingan pelengkap hidangan laut. Sayur berwarna hijau cerah ini juga biasa dijadikan campuran salad. Teksturnya renyah dan bentuknya kurus panjang berbuku-buku. Rasanya asin alami.

      Samphire adalah tumbuhan halofit alias tumbuhan yang hidup di habitat air asin. Sayuran ini juga merupakan tumbuhan sukulen, yaitu tumbuhan yang tebal dan berdaging karena menyimpan air di dalamnya. Jadi, dari air lautlah rasa asin alami samphire berasal.

      Ada beberapa jenis tumbuhan yang bisa disebut sebagai samphire karena memiliki ciri fisik yang mirip walau berasal dari spesies berbeda. Secara garis besar, sayuran ini dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu samphire rawa dan samphire batu.

      Samphire rawa alias salicornia berbentuk seperti ranting dan berbuku-buku. Habitatnya adalah rawa asin dan tepi danau garam di daerah bagian utara bumi dan bagian subtropis dari Afrika. Sementara itu, samphire batu tumbuh di tepi karang dan dan batuan jurang di pinggir laut. Samphire ini banyak terdapat di Inggris dan Irlandia, Mediterania, pantai utara Eropa, Afrika Utara, dan Laut Hitam.

      Di tempat lain, ada pula jenis-jenis samphire selain kedua jenis itu. Contohnya adalah terticornia yang berasal dari Australia dan sarcocornia, samphire yang banyak terdapat di Afrika Selatan. Di antara keempat jenis samphire itu, samphire rawa adalah jenis yang paling banyak dibudidayakan.

      Apapun jenisnya, samphire dengan rasanya yang gurih alami menjadi tambahan yang menyenangkan untuk berbagai makanan, terutama hidangan laut. Untuk memasaknya, cukup rebus sebentar samphire lalu rendam di air dingin untuk menghentikan proses masaknya. Cara lainnya adalah dengan mengukus atau menumisnya dengan sedikit mentega. Ingat, tak perlu memberi garam pada sayur yang sudah asin ini.

      Itulah sekilas tentang samphire, si asparagus laut yang menarik. Jika ingin memasak resep yang menggunakan samphire namun sulit menemukannya, gantilah dengan asparagus. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: GREATBRITISHCHEFS.COM