Ini Cara Membuat Tortilla di Meksiko

By dina, Senin, 19 September 2016 | 17:00 WIB
Ini Cara Membuat Tortilla di Meksiko (dina)

      SajianSedap.com – Pernahkah terbersit di benak Anda tentang cara membuat tortilla di Meksiko, negara asalnya? Kita mungkin sering menikmati banyak hidangan berbasis roti jagung khas Negeri Topi Sombrero tersebut, mulai dari keripik tortilla hingga taco yang lezat. Walau hidangan berbasis tortilla umumnya mudah untuk dibuat, ternyata proses membuat tortilla cukup panjang.

      Di Meksiko, tortilla dibuat dari jagung segar. Berbeda dengan jagung manis yang banyak dimasak di Indonesia, jagung Meksiko merupakan jagung dengan tingkat pati yang tinggi. Tak heran ia menjadi bahan yang pas untuk membuat roti ini.

      Proses pertama dalam membuat tortilla adalah mempersiapkan campuran masa atau adonan jagung. Caranya adalah dengan mencampur biji jagung dengan air kapur. Guna utama air kapur pada proses ini adalah untuk menghilangkan lapisan luar jagung. Selain itu, air kapur juga mengaktifkan kandungan niasin dan triptofan pada jagung agar konsumen terhindar dari penyakit pelagra.

      Campuran jagung dan air kapur kemudian direbus selama 8-16 jam hingga kulit ari terpisah. Setelah itu, campuran diistirahatkan hingga suhunya turun. Proses ini akan membuat adonan masa tidak mudah menyerap cairan dan  minyak saat dimasak. Kulit ari pun biasanya tidak dibuang, namun disisihkan untuk dijadikan makanan ternak.

     Jagung yang telah diproses disebut nixtamal. Untuk membuatnya jadi masa, nixtamal dihaluskan hingga menjadi adonan yang lembut dan mudah dibentuk. Di rumah-rumah penduduk asli, nixtamal dihaluskan dengan sejenis penggiling batu bernama mano dan metate. Namun, di pabrik, nixtamal dihaluskan dengan mesin khusus.

      Secara tradisional, tortilla dibentuk dengan tangan. Masa dibentuk bulat lalu ditipiskan menjadi lembaran berbentuk cakram, berbeda dengan tortilla buatan pabrik yang dibentuk dengan mesin press agar tipis dan sama bulat. Karena tidak dibuat dengan mesin, tortilla buatan tangan lebih tebal dan bentuknya tak sama bulat.

      Langkah terakhir dari membuat tortilla adalah memanggangnya hingga matang dan lentur.

      Tortilla asli Meksiko memiliki tekstur yang kokoh, namun lembut ketika digigit. Tak heran popularitasnya begitu tinggi. Bahkan, di Amerika Serikat saja, tortilla merupakan roti yang paling banyak dibeli kedua setelah roti tawar. Berbagai makanan cocok dihidangkan dengan dasar roti ini.

      Itulah sekilas tentang cara membuat tortilla di Meksiko, Sobat SaSe. Menarik, bukan? Apa Anda juga suka memakan roti ini? (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: FOODANDWINE.COM

Baca juga: Tortilla Chicken Crispy, Lembut Renyahnya Ragam Jenis Taco, Nachos Rujak Bumbu Ayam Topping Keju