Cara Membuat Paella Spanyol yang Lezat

By dina, Senin, 19 September 2016 | 17:00 WIB
Cara Membuat Paella Spanyol yang Lezat (dina)

      SajianSedap.com – Cara membuat paella Spanyol sebenarnya cukup mudah untuk diikuti. Yang penting adalah mengetahui trik-trik agar paella kita memiliki tekstur dan bentuk seperti paella autentik.

      Paella adalah hidangan nasi lengkap asal Spanyol yang memiliki sayuran di dalamnya, juga unsur protein dari makanan laut dan daging. Paella dimasak sekaligus dihidangkan di wajan khusus bernama paellera, yaitu wajan dangkal, lebar, dan memiliki dasar tipis yang membantu paella mendapatkan teksturnya yang unik. Jika tidak mempunyai paellera, gunakanlah wajan dangkal yang bagian bawahnya datar.

      Langkah pertama dimulai dengan membuat sofrito (tumisan bumbu harum). Campuran ini dibuat dari potongan kecil sayuran, namun yang paling populer untuk paella adalah tomat, bawang bombay, dan bawang putih. Tumis campuran aromatik tersebut menggunakan cukup minyak agar butiran nasi mudah terpisah.

      Setelah sofrito harum, protein bisa dimasukkan. Jika menggunakan protein berbeda, urutan memasukkannya dimulai dari daging merah, daging putih, kemudian makanan laut. Jika ingin menggunakan sayuran juga, potong dahulu sayuran kecil-kecil, lalu masukkan setelah makanan laut.

      Di tahap ini, kita juga bisa menambahkan bumbu lain seperti paprika bumbu, cabai-cabaian, dan herba aromatik. Alasan memasukkannya di tahap ini adalah agar bumbu tidak kehilangan aromanya atau menjadi gosong dan pahit.

      Setelah itu, masukkan beras berbutir pendek seperti bomba atau arborio. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

      Kemudian, tambahkan kaldu makanan laut atau kaldu sayuran yang sudah dicampur air saffron atau, jika tidak ada, air kunyit. Aduk sebentar, lalu diamkan hingga matang. Di tahap ini, jangan mengaduknya sama sekali. Jika diaduk, kerak nasi keemasan bernama soccarat yang merupakan bagian terenak dari paella tidak akan terbentuk.

      Agar bagian atas nasi tidak kering, orang Spanyol biasa membuat semacam tutup dari kertas koran atau tabloid untuk menyelubungi bagian atas paella. Nasi akan cukup tertutup, namun masih ada sirkulasi udara yang terbentuk. Paella dimasak selama 20 menit.

      Jika suka tekstur makanan laut yang lembut, masukkanlah bukan sebelum memasukkan beras, melainkan setelah 5 hingga 8 menit beras dimasak. Makanan laut akan matang berbarengan dengan waktu nasi matang. Dengan begitu, tekstur akan terjaga walau di sisi lain, bahan tersebut tidak akan terlalu menyerap bumbu.

      Setelah masak, sajikan paella di wajan masaknya dengan potongan lemon agar lebih segar.

      Mudah diikuti, bukan, cara membuat paella Spanyol ini? Mari sajikan kepada keluarga dan teman-teman. Dijamin, pasti ketagihan. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: PAELLADOLELE.COM.BR

Baca juga: Hornazo, Hidangan Tradisional Paskah dari Spanyol, Empanada Gallega, Apakah Itu Bumbu Saffron, Jenis-Jenis Beras (Bagian I)