Ragam Buah Jeruk Unik

By dina, Senin, 19 September 2016 | 17:00 WIB
Ragam Buah Jeruk Unik (dina)

      SajianSedap.com – Kenalilah lebih dekat berbagai ragam buah jeruk unik ini. Jika suatu hari Sobat SaSe bertamasya ke luar negeri dan menemukannya, jangan segan untuk mencicipi, ya.  Selain belum tentu ada di Indonesia, tidak ada salahnya, bukan, mencoba rasa baru?

      Inilah ragam buah jeruk unik yang perlu kita ketahui.

Finger Lime

      Buah asal Australia ini dikenal juga sebagai kaviar jeruk karena daging buahnya berbentuk bulat kecil dan berbutir-butir menyerupai telur ikan. Finger lime berbentuk lonjong memanjang dengan ujung melancip. Panjangnya kira-kira 4-8 cm seperti jari. Untuk menikmati buah ini, belah kulitnya dan keluarkan isinya. Rasanya asam dengan tekstur yang meletup-letup di mulut. Karena rasanya yang unik, ia cocok dijadikan taburan di atas hidangan seafood, campuran salad, hingga bahan tambahan kue.

Buddha’s Hand

      Jeruk Buddha’s Hand berbentuk segmen-segmen sehingga mirip dengan tangan dan jari-jarinya. Dari bentuknya itulah nama jeruk ini berasal. Buddha’s Hand tidak memiliki daging buah ataupun sari buah. Jika dibelah, isi buah asal Tiongkok dan India ini berwarna putih seperti bagian dalam kulit jeruk. Karena tidak dapat langsung dimakan, ia sering dijadikan hiasan dan pengharum ruangan. Jeruk ini juga dapat digunakan sebagai elemen aromatik dalam kue dan minuman dengan cara memarutnya. Teksturnya yang cukup kokoh membuatnya cocok diolah menjadi manisan.

Blood Orange

      Sekilas, buah ini mirip dengan buah jeruk biasa. Keunikannya baru terlihat setelah jeruk dibelah. Akan terlihat daging buah berwarna merah tua seperti darah. Warna blood orange berasal dari pigmen antosianin, pigmen yang memiliki khasiat antioksidan tinggi. Warna jeruk ini akan semakin mencolok apabila disimpan di tempat bersuhu dingin setelah panen. Tak hanya warnanya, rasanya juga agak berbeda dengan jeruk lainnya. Blood orange memiliki rasa yang lebih asam. Aromanya juga mirip dengan rasberi sehingga cocok dijadikan saus makanan.

Kumquat

       Di antara jeruk lainnya di daftar ini, kumquat mungkin jeruk yang paling sering kita temukan di Indonesia. Walau tidak ditanam di Indonesia, buah kumquat dan pohonnya yang berbentuk kecil kerap diimpor dari Tiongkok terutama saat menjelang Hari Imlek. Kumquat berbentuk bulat kecil seperti buah zaitun. Aromanya manis mencolok. Karena kulit buahnya tipis dan tidak pahit, buah kumquat biasa dimakan langsung bersama kulitnya.

      Mari mencoba beragam buah jeruk unik ini, Sobat SaSe. Pasti sensasinya berbeda dengan jeruk biasa. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: DEALCURRY.COM

Baca juga: Jus Wortel Jeruk, Jenis Jeruk yang Cocok untuk Masakan, Tambahkan Jeruk untuk Menambah Aroma Masakan