Manfaat Lemak Susu bagi Tubuh

By dina, Rabu, 21 September 2016 | 17:00 WIB
Manfaat Lemak Susu bagi Tubuh (dina)

      SajianSedap.com – Tahukah Anda kalau manfaat lemak susu sangat banyak untuk kesehatan? Ternyata, kandungan yang membuat kita sering menghindari susu ini tidak sejahat yang kita pikirkan.

      Demi menjalankan gaya hidup yang lebih sehat, tidak sedikit orang yang memilih susu rendah lemak dan susu nabati seperti susu kacang kedelai atau susu almond. Hal ini sangat disayangkan mengingat manfaat susu yang akan berkurang seiring dengan dihilangkannya kandungan lemak tersebut.

      WHO (World Health Organization) saja menyatakan bahwa lemak boleh memenuhi 30 persen dari kalori total harian. Bahkan daerah dengan tingkat konsumsi susu dan produk turunannya yang lebih tinggi seperti Perancis dan Skandinavia menetapkan batas 40 persen.

      Jadi, apa manfaat lemak susu bagi tubuh kita?

      Pertama, lemak memberikan rasa yang enak pada susu. Menghilangkan lemak pada susu akan membuat konsumen mencari pengganti yang tidak lebih sehat.

      “Produk susu berlabel rendah lemak biasa menggunakan tambahan karbohidrat atau gula sederhana demi menggantikan sensasi rasa lemak yang hilang. Tambahan ini justru lebih berbahaya untuk tubuh dibandingkan lemak itu sendiri,” kata Dr. Elisabeth Weichselbaum, Senior Research Scientist dari Fonterra pada diskusi “Fakta Seputar Lemak Susu dan Kesehatan” (21/9) di FiA (Food Ingredients Asia) 2016, Jakarta International Expo.

      Kedua, lemak merupakan pembangun jaringan tubuh. Tubuh kita terbuat dari jutaan sel yang dibungkus oleh membran. Membran ini berfungsi untuk memisahkan bagian dalam sel dari bagian luarnya. Ternyata, membran sel disusun dari fosfolipid, trigliserida, dan kolesterol, yang kesemuanya ada pada kandungan lemak susu.

      Ketiga, lemak berfungsi sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K. Jadi, memakan makanan berlemak membantu proses penyerapan keempat jenis vitamin tersebut. Dalam konteks asupan vitamin untuk tubuh, ternyata susu tidak hanya mengandung lemak. Ia juga tinggi kandungan vitamin A serta mengandung vitamin D, E, dan K walau jumlahnya tidak terlalu banyak.

      Terakhir, menghilangkan lemak juga berarti ikut menghilangkan kandungan penting lain dalam susu. Menurut CODEX Nutrient Reference Values, 250 ml susu regular mengandung 83 μg vitamin A. Namun, susu rendah lemak dalam jumlah yang sama hanya mengandung 7 μg vitamin tersebut.

      Nah, Sobat SaSe, terasa bukan bahwa manfaat lemak susu ternyata lebih banyak daripada bahayanya. Namun, ingat untuk tetap konsumsi susu secukupnya, yaitu maksimal tiga porsi sehari. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: DAIRYREPORTER.COM