Daging Grass Fed vs Grain Fed

By dina, Rabu, 21 September 2016 | 17:00 WIB
Daging Grass Fed vs Grain Fed (dina)

      SajianSedap.com – Ada apa dengan daging grass fed vs grain fed? Kedua daging ini kerap diperdebatkan oleh pecinta daging yang ingin memilih alternatif daging yang lebih sehat. Begitu pula dengan pecinta lingkungan yang menginginkan alternatif daging yang lebih ramah lingkungan.

      Jadi, apa perbedaan manfaat antara daging grass fed dan grain fed?

      Daging grass fed adalah daging yang diberi makan rumput-rumputan. Pemberian makanan ini disesuaikan dengan cara alami sapi hidup sejak sebelum zaman manusia hidup dengan cara berternak dan bertani. Sapi yang diberi makan rerumputan ini umumnya juga bergerak lebih bebas karena hidup di alam.

      Sementara daging grain fed adalah daging yang diberi makan biji-bijian. Pemberian makan sapi dengan pakan biji-bijian dimaksudkan agar sapi cepat menggemuk. Kandungan lemak pada sapi juga lebih tinggi dengan ongkos produksi yang lebih murah.

      Secara nutrisi, jelas daging grass fed menang telak dibandingkan dengan daging grain fed. Daging grass fed memiliki jumlah lemak keseluruhan yang lebih sedikit, tapi kadar asam lemak omega-3nya jauh lebih tinggi. Daging grass fed juga mengandung asam linoleik serta vitamin E dan antioksidan.

      Dari segi pemberian makan saja, sapi yang diternakkan sebagai daging grain fed diberi makan yang dapat menggemukkannya secara cepat. Berbeda dengan sapi grass fed yang dipotong setelah berumur 5 hingga 6 tahun, sapi grain fed dipotong ketika berumur 14 bulan. Kandungan lemaknya tentu jauh lebih tinggi walau kandungan nutrisi daging seperti protein pada umumnya tetaplah tinggi.

      Hal ini juga mempengaruhi rasanya. Sapi yang diberi makan rumput-rumputan ternyata memiliki rasa yang lebih gurih dan manis daripada sapi yang diberi makan biji-bijian. Namun, tekstur sapi yang diberi makan biji-bijian lebih lembut.

      Jika diulik dari segi harga, tentu daging grain fed lebih murah. Dari segi waktu, menternakkan daging sapi grain fed lebih menguntungkan, pun dari segi ongkos produksi. Daging grass fed juga lebih sulit untuk didapatkan.

      Nah, sobat Sase, itulah sekilas mengenai perdebatan antara daging grass fed vs grain fed. Mari kita lebih teliti dalam memilih bahan makanan yang kita masak di rumah untuk keluarga dan teman-teman. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: EATNOURISHING.COM

Baca Juga: Buat Burger Lebih Sehat, Daging Sukiyaki Tumis Paprika, Daging Gepuk Goreng