Cara Mengasah Pisau dengan Benar

By dina, Kamis, 22 September 2016 | 17:00 WIB
Cara Mengasah Pisau dengan Benar (dina)

      SajianSedap.com – Apa Anda sudah tahu cara mengasah pisau dengan benar? Jika belum, ini saatnya belajar. Jika pisau yang kita gunakan selalu tajam, maka pekerjaan dapur kita akan semakin ringkas dan cepat. Pisau yang diasah dengan benar dapat dengan mudah memotong berbagai bahan hingga potongan setipis apapun.

      Ada dua alat yang dapat digunakan untuk mengasah pisau, yaitu asahan besi dan batu asah. Asahan besi yang berbentuk panjang lebih cocok digunakan oleh kita yang membutuhkan kepraktisan dan tidak terlalu sering menggunakan pisau. Soalnya, fungsi asahan besi ini adalah memperhalus pisau hingga cukup tajam, bukan ke benar-benar mengasah dalam artian mengikis dahulu lalu baru memperhalusnya.

      Inilah cara mengasah pisau dengan asahan besi.

  1. Pegang asahan secara vertikal di atas meja dengan bagian pegangan berada di atas dan ujung asahan mengarah ke meja yang dialasi handuk.
  2. Asah bagian pisau satu arah dengan agak dimiringkan, kira-kira 20 derajat. Asah juga bagian belakangnya. Tidak perlu mengasah berkali-kali. Jika caranya benar, 5 sampai 10 kali sudah cukup.

      Selain itu, kita juga dapat menggunakan batu asah. Batu asah yang tepat adalah  batu asah carborundum atau silicon carbide dua sisi (kasar dan halus) yang berbentuk segiempat panjang. Batu ini agak mahal, namun merupakan investasi yang baik. Cara kerjanya adalah mengikis dahulu pisau hingga kasar lalu memperhalusnya hingga tajam dan menipis di ujung.

      Inilah cara mengasah pisau dengan batu asah.

  1. Rendam batu dahulu di air bersih selama 30-45 menit, lalu letakkan di handuk. Sediakan air untuk melembabkan batu jika mulai kering.
  2. Asah bagian pisau di bagian kasar batu satu arah dengan agak dimiringkan, kira-kira 20 derajat (posisinya cenderung ditidurkan). 
  3. Beri tekanan dengan jari-jari kita selama mengasah karena yang dilakukan adalah mengikis pisau tersebut. 
  4. Berhenti mengasah bila sudah terasa adanya burr atau bekas asahan yang agak kasar di pisau dan cairan dari batu pengasah mengumpul di bagian pisau yang diasah tersebut.
  5. Asah juga bagian belakangnya. 
  6. Lakukan hal yang  yang sama, namun dengan sisi batu asah yang halus. Asah hingga bilah pisau menjadi halus, tipis, dan tajam.

      Itulah cara mengasah pisau dengan benar, Sobat SaSe. Ingatlah untuk selalu merawat dan menggunakan alat dapur kita dengan tepat agar pekerjaan dapur kita menjadi mudah. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: CAMPINGKNIFE.NET

Baca juga: Jangan Salah Pilih Pisau untuk Menyantap Hidangan, 5 Jenis Pisau yang Harus Ada di Dapur, Cara Memegang Pisau yang Benar