Mengenal Avgolemono, Sup Favorit Juri Masterchef

By dina, Jumat, 23 September 2016 | 17:00 WIB
Mengenal Avgolemono, Sup Favorit Juri Masterchef (dina)

      SajianSedap.com – Apakah anda mengenal avgolemono, sup favorit George Calombaris sang juri Masterchef Australia? Sup asal Yunani ini hangat, nikmat, dan cocok disajikan di saat udara sedang dingin.

      Avgolemono merupakan sup yang terbuat dari lemon, beras, telur, serta kaldu dan daging ayam. Karena sup ini mengandung nutrisi yang lengkap serta rasa yang segar namun menghangatkan, Avgolemono sering diberikan kepada orang yang sedang tidak enak badan.

      “Saya ingat ketika kecil, ibu saya sering membuatkan sup ini ketika anak-anaknya sakit. Memakannya seketika membuat tubuh langsung sehat,” kata George Calombaris.

      Selain enak dan menyehatkan, sup ini juga mudah dibuat. Cara membuatnya dimulai dengan memanaskan kaldu ayam di api kecil hingga mendidih. Terkadang, kaldu daging, ikan, atau sayur digunakan untuk menggantikan kaldu ayam.

      Kemudian, unsur karbohidrat ditambahkan ke dalam rebusan kaldu. Walau biasanya beras digunakan, unsur karbohidrat lain seperti pastina, orzo, dan tapioka juga bisa digunakan untuk menggantikannya. Selain mengenyangkan, unsur karbohidrat ini ditambahkan untuk mengentalkan sup dan membuat teksturnya menjadi lebih padat.

     Karena lemon mengandung vitamin C, ia ditambahkan di akhir memasak sup. Air jeruk lemon dikocok terlebih dahulu dengan telur hingga rata di wadah berbeda. Lalu, sedikit rebusan kaldu kental ikut dimasukkan dan dikocok bersama campuran air lemon dan telur. Campuran itu kemudian ditambahkan ke sup yang tengah dimasak. Hasilnya adalah sup yang kental dan lezat.

     Rahasia dalam membuat avgolemono yang lezat adalah memastikan telur berada dalam suhu ruang sebelum diolah. Hal ini penting untuk menjaga telur tidak pecah dan terpisah saat diaduk di dalam sup.

     Selain itu, sup avgolemono juga harus disajikan dalam keadaan hangat, bukan panas. Setelah avgolemono mendidih dan masak, istirahatkan selama 5-10 menit hingga suhunya menurun. Barulah sajikan sup ini.

     Itulah sekilas tentang avgolemono, sup dengan khasiat menyembuhkan khas Yunani. Apakah Anda tertarik untuk membuatnya di rumah? (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: FOURCOURSEFAMILY.COM

Baca juga: Greek Salad, Baklava, Chicken and Mushroom Cream Soup