Kuliner Islandia yang Eksotis

By dina, Sabtu, 24 September 2016 | 17:00 WIB
Kuliner Islandia yang Eksotis (dina)

      SajianSedap.com – Banyak orang Indonesia yang mengimpikan berwisata ke negara es ini, namun rasanya belum ada yang ingin mengenal kuliner Islandia lebih jauh. Padahal, kekayaan makanannya sungguh unik. Mari kita kenali bersama.

      Kuliner Islandia dipengaruhi oleh wilayahnya yang dingin dan jauh dari wilayah lainnya di Eropa Utara. Negara pulau yang kecil ini dikelilingi oleh laut Arktik yang luas dan dingin. Berbagai ikan air dingin seperti ikan haddock, hering, dan halibut menjadi salah satu sumber protein utama yang dikonsumsi masyarakat Islandia.

      Selain langsung dimasak dan diajikan, ikan juga diawetkan. Ikan kering paling terkenal di negara ini disebut harðfiskur. Harðfiskur dibuat dengan cara mengangin-anginkan ikan haddock sampai kering menyerupai dendeng.

      Karena iklimnya yang dingin, sayur-sayuran yang tumbuh di Islandia adalah jenis umbi-umbian seperti lobak, rutabaga, dan kentang. Sayuran krusifera seperti kubis juga masih tumbuh di sini. Sayur-sayuran tersebut biasa diolah dengan cara direbus atau ditumbuk dan dicampur dengan mentega, lalu disajikan bersama ikan atau daging-dagingan.

      Berbicara tentang daging, ternak utama di Islandia adalah domba. Masyarakat Islandia sangat membanggakan kualitas ternaknya, apalagi domba di sana hidup lebih bebas dan alami. Tidak hanya memakan rumput, domba-domba tersebut juga mengonsumsi tanaman liar dan rempah yang membuat rasa domba lebih kompleks.

      Di Islandia, domba diolah menjadi hidangan domba asap. Domba  tersebut diasapi dengan kayu birch sehingga memberikan aroma yang lebih sedap. Selain itu, ada jenis kuliner lain yang lebih ekstrim yaitu kepala domba rebus yang disajikan bersama umbi-umbian tumbuk serta jeli kelembak.

      Islandia juga terkenal dengan budaya berburu. Hewan yang biasa diburu di sana adalah burung laut seperti puffin dan kormoran. Selain itu, unggas-unggasan seperti mallard dan angsa berkaki merah jambu juga bebas diburu.Binatang buruan lain yang cukup ekstrim adalah singa laut dan paus.

      Sebagai camilan, orang Islandia biasa mengonsumsi skyr, yaitu sejenis yogurt. Skyr adalah dadih yang hampir membentuk keju lembut dan dicampur dengan susu. Skyr disajikan dengan pemanis seperti gula atau pasta bluberi. Rasanya enak dan sedikit asam.

      Selain itu, camilan lain yang terkenal di Islandia adalah permen licorice atau akar manis. Permen berwarna hitam ini terkenal di seluruh dunia, apalagi sebagai camilan natal.

      Sekarang, Anda sudah mulai mengenali kuliner Islandia. Cicipilah jika suatu saat Anda berkunjung ke negara yang indah ini. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: TABERHOLS.CO.UK

Baca juga: Cottage Pie, Swedish Meatball