Lezatnya Locupan si Mi Pendek

By dina, Sabtu, 24 September 2016 | 17:00 WIB
Lezatnya Locupan si Mi Pendek (dina)

      SajianSedap.com – Locupan, mi pendek eksotis ini, terkesan kurang popularitas dibandingkan mi, bihun, soun, atau pasta. Padahal rasanya juga lezat dan teksturnya juga menarik. Enak dibuat locupan kuah atau locupan goreng.

      Locupan, atau lao shu fen dalam bahasa Tiongkoknya, adalah mi pendek berukuran sepanjang jari dengan bagian tengah yang tebal dan bagian ujung yang menipis. Karena itulah locupan memiliki nama lain silver needle noodle alias jarum perak. Di Malaysia lebih unik lagi, ia dinamai rat’s tail noodle alias mi buntut tikus.

      Umumnya, locupan dibuat dari beras. Baik itu beras ketan maupun beras biasa. Teksturnya mirip udon, namun lebih kuat. Ia juga licin dan kenyal. Oleh karena itu, selain direbus atau digoreng, locupan juga bisa dimasak di claypot atau panci tanah liat dengan kuah kental. Mi ini tidak akan hancur walau dimasak dengan panas yang tinggi. 

      Locupan merupakan mi dengan cara pembuatan lain daripada yang lain. Soalnya, cara pembuatannya mirip dengan cara membuat cendol atau dawet. Pertama-tama, tepung beras dicampur dengan air hingga membentuk adonan. Lalu, adonan diletakkan di cetakan yang bentuknya mirip dengan saringan. Adonan pun ditekan hingga melewati saringan tersebut dan langsung masuk ke air mendidih.

      Jika dibandingkan dengan pasta Italia, locupan mirip dengan spatzle. Baik dari cara pembuatan maupun dari bentuk.

      Locupan termasuk jenis bahan yang jarang ditemukan di pasaran. Alasannya, cara membuatnya cukup rumit. Jika beruntung, kita bisa membelinya di toko-toko yang menjual bahan makanan Asia, terutama Tiongkok. Locupan dijual basah dalam kemasan atau langsung dibuat tangan oleh restoran yang khusus menjajakan locupan.

      Agar tidak lengket, locupan biasa dilumuri minyak sebelum dibungkus dan dijual. Jadi, alangkah baiknya sebelum memasak locupan, kita merebusnya dahulu atau mencelupkannya di air panas sekadar agar minyaknya menghilang.

      Sudah tertarikkah untuk mengolah locupan, mi pendek yang eksotis ini? Yuk, masak dan bagi pengalaman Anda ke kami. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: WEEKENDNOTES.COM

Baca juga: Nasi Claypot, Kwetiaw Siram Sapi, Fried Loufan