Berkenalan dengan Teknik Masak Sous Vide

By dina, Minggu, 25 September 2016 | 17:00 WIB
Berkenalan dengan Teknik Masak Sous Vide (dina)

      SajianSedap.com – Banyak chef Indonesia yang mengadopsi teknik masak sous vide dalam membuat berbagai makanan. Hasilnya adalah menu yang lezat dengan bumbu yang meresap dan tekstur yang lembut. Tidak heran kalau makanan yang dimasak dengan teknik sous vide biasanya berharga tinggi.Teknik masak apakah sous vide ini?

      Sous vide merupakan teknik masak yang mengkombinasikan penggunaan kantung plastik kedap udara dan air panas. Bahan makanan direndam dalam campuran bumbu, dimasukkan ke kantong plastik, lalu divakum dan ditutup hingga kedap udara. Plastik berisi makanan tersebut kemudian direbus dengan peralatan khusus sous vide di suhu yang sudah diatur dengan pasti hingga mencapai kematangan yang diinginkan.

      Umumnya, lama memasak dengan teknik ini panjang, bisa mencapai 8 jam. Namun, suhu yang digunakan untuk memasak makanan dengan teknik sous vide rendah, yaitu sekitar 55-70 derajat celcius. Oleh karena itulah bumbu yang digunakan benar-benar meresap ke bahan dan bahan tidak akan gosong. Namun, jika diperlukan, bahan yang sudah dimasak dengan teknik sous vide ini dapat dipanggang di pan sekadar untuk mengkaramelkan bagian luarnya.

      Teknik ini ditemukan pada tahun 1799 oleh Sir Benjamin Thompson di Inggris, lalu dikembangkan lagi sekitar tahun 1960 di Amerika Serikat dan Perancis untuk mengawetkan makanan. Teknik ini kemudian digunakan oleh George Pralus pada tahun 1974 di Restaurant Troisgros di kota Roanne, Perancis.

      Dalam mengawetkan makanan, teknik ini cukup efektif karena kekedapan udara dapat menunda kebusukan makanan. Dalam memasak, teknik ini juga memiliki banyak keuntungan selain menghasilkan makanan dengan tekstur yang lembut dan kematangan yang sempurna. Karena menggunakan suhu yang rendah, ketepatan waktu jadi tidak begitu penting dan mendesak. Terlalu lama memasak beberapa menit saja tidak akan berpengaruh pada hasil makanan.

      Di sisi lain, waktu masak yang lama juga bisa menjadi kerugian, apalagi di sisi sumber daya. Penggunaan listrik atau gas dalam waktu yang lama mau tidak mau menyebabkan pemborosan, apalagi untuk restoran yang masih berskala kecil.

      Nah, itulah sekilas informasi tentang teknik masak sous vide. Tidak ada salahnya mencoba menu dengan teknik masak ini jika Anda menemukannya di restoran. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: ANOVACULINARY.COM

Baca juga: Daging Masak Pedas, Bagian-Bagian Daging untuk Steak, Tenderloin Steak with Tomato Sauce