Buah Lingonberry, Beri Kecil dari Skandinavia

By dina, Minggu, 25 September 2016 | 17:00 WIB
Buah Lingonberry, Beri Kecil dari Skandinavia (dina)

      SajianSedap.com – Kita yang sudah pernah mencoba Swedish meatball pasti akrab dengan selai buah lingonberry yang asam manis. Tapi, apakah Anda penasaran akan buah lingonberry segar?

      Buah ini berasal dari semak tanaman lingonberry. Tanaman berukuran rendah ini tumbuh di bagian utara bumi, tepatnya di hutan dan tundra Arktik dari Eurasia hingga bagian utara Amerika. Lingonberry menyenangi suhu rendah tempat-tempat tersebut, bahkan tumbuh sepanjang tahun di segala musim. Namun, buahnya baru bisa dipanen di akhir musim panas hingga awal musim gugur.

      Buah ini berwarna merah dan berukuran kecil, lebih kecil daripada buah kranberi yang merupakan kerabat dekatnya. Rasanya asam dan kecut, namun lebih lembut dan berair daripada buah kranberi. Lingonberry juga kaya akan pektin dan pengawet alami bernama asam benzoat sehingga menjadi buah yang amat berharga bagi kaum Skandinavia. Ia dapat dijadikan selai yang tahan berbulan-bulan walau dibuat tanpa proses pemasakan (rårörda lingon), juga dapat dicampur dengan air dan diminum sebagai obat laksatif.

      Di Eropa Utara, terutama di Swedia, lingonberry biasa dikumpulkan dari hutan untuk dibekukan atau langsung dijadikan selai. Selai lingonberry bercita rasa asam dan manis sehingga cocok untuk dijadikan pelengkap berbagai hidangan manis seperti pancake, puding, atau cake. Hidangan Skandinavia juga identik dengan percampuran antara unsur manis dan asin. Oleh karena itu, ia biasa dijadikan pelengkap juga untuk berbagai hidangan asin seperti rebusan daging atau hati, ikan herring goreng, kentang tumbuk, serta Swedish meatball si bakso terkenal asal Swedia.

      Selain lezat, buah satu ini juga menyehatkan. Lingonberry mengandung polifenol, sejenis antioksidan, dalam jumlah yang tinggi. Zat ini dapat melindungi tubuh kita terutama dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi matahari.

      Kaum suku asli Amerika Utara juga menggunakan lingonberry sebagai obat diabetes dan penyakit kardiovaskular. Hal ini dibuktikan oleh penelitian di Kanada yang dilakukan tahun 2010 lalu. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa lingonberry dapat mengurangi efek dari zat gula dan protein yang menumpuk di tubuh orang yang menderita diabetes. Jika tidak ditangani, kerusakan ini juga dapat menyebabkan penyakit ginjal dan mata.

      Menarik, bukan, buah lingonberry ini? Pernahkah Anda mencicipi selai buahnya? Selain lezat, buah ini ternyata berkhasiat tinggi juga. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: SEMISWEDE.COM

Baca juga: Swedish Meatball, Menu Sarapan Khas Masyarakat Eropa Barat, Mengenal Diet Nordik, Pola Makan ala Skandinavia