Membuat Kulit Pangsit Rebus dan Goreng

By dina, Minggu, 25 September 2016 | 17:00 WIB
Membuat Kulit Pangsit Rebus dan Goreng (dina)

       SajianSedap.com – Jika ingin pangsit buatan sendiri yang lebih lezat, mari ikuti tips membuat kulit pangsit rebus dan goreng ini. Niscaya pangsit yang kita buat terasa lebih lezat. Teksturnya pun pas seperti yang kita inginkan.

       Kulit pangsit tradisional Tiongkok sebenarnya hanya terbuat dari tepung terigu dan air. Untuk membuatnya pun cukup mudah dan tidak memerlukan resep yang pasti. Cukup campur air dan tepung terigu hingga adonan mudah dibentuk dengan tangan. Hasilnya adalah adonan pangsit berwarna putih bersih.

       Namun, sering  kita temui penambahan telur di dalamnya yang membuat kulit pangsit berwarna lebih kuning dan cerah. Telur di dalam kulit pangsit ternyata bukan hanya untuk penambahan warna saja. Jika ingin membuat pangsit goreng, gunakanlah bagian kuning telur. Kuning telur membuat tekstur pangsit renyah setelah digoreng. Sebaliknya, jika ingin membuat pangsit rebus, tambahkan putih telur agar teksturnya lebih kenyal.

       Setelah diadoni, adonan harus diistirahatkan terlebih dahulu agar kandungan glutennya berkembang. Istirahatkan adonan di wadah yang ditutupi plastik atau kain lembab selama 30 menit saja.

       Jika sudah diistirahatkan, kulit pangsit harus ditipiskan secara merata. Akan lebih baik apabila kita menggunakan mesin penggiling pasta atau mi. Giling adonan hingga cukup tipis dan mudah dibentuk. Ia juga harus kuat dan tidak rapuh saat dilipat.

       Bila tidak memiliki mesin penggiling pasta atau mi, kita dapat menggunakan penggiling kue. Namun, kita harus merasakan kerataan kulitnya agar teksturnya pas. Untuk membuat kulit pangsit, kita bisa memotongnya dengan pisau hingga berbentuk segiempat. Untuk membuat kulit dimsum, kita bisa membentuknya bulat dengan gelas berdiameter besar, mangkok berdiameter kecil, atau cetakan cookies yang besar.

       Adonan sebaiknya juga langsung digunakan sampai habis. Jika tidak, kita hanya dapat menyimpannya selama dua hari. Adonan yang belum digiling dapat disimpan di kulkas dengan dibungkus plastik cling wrap. Jika sudah digiling, kita dapat menaburinya dahulu dengan tepung sebelum disimpan. Kemudian, masukkan ke wadah kedap udara dan simpan di freezer. Untuk menggunakannya kembali, istirahatkan dahulu di suhu ruang selama 4 jam agar mudah dipisahkan satu sama lain.

      Mudah diikuti, bukan, tips membuat kulit pangsit rebus dan goreng ini? Yuk, buat sendiri di rumah. Pasti masakan kita akan terasa lebih istimewa. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: MAANGCHI.COM

Baca juga: Tips Membuat Kulit Pangsit, Pangsit Rebus, Pangsit Ebi Goreng