Alat Pemanggang ala Amerika Masuk Indonesia

By dina, Selasa, 27 September 2016 | 17:00 WIB
Alat Pemanggang ala Amerika Masuk Indonesia (dina)

      SajianSedap.com – Weber, merek alat pemanggang premium Amerika, baru meluncurkan produknya di Indonesia. Per tanggal 28 September 2016, alat ini resmi dijual di 20 toko ACE Hardware di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, dan Bali.

      Alat pemanggang khas Amerika ini berciri khas memiliki lid alias penutup panggangan. Jika kita di Indonesia terbiasa memanggang dengan melihat makanan dan mengipasnya karena bersifat terbuka, dengan alat ini, proses pemanggangan bergantung kepada suhu dan ketepatan waktu.

      Keunggulannya adalah karena uap makanan tertahan di dalam pemanggang, maka masakan yang dipanggang menggunakan alat ini jadi bertekstur lembut dan lembab bagian dalamnya. Namun, ia tidak kehilangan ciri khasnya yaitu garis-garis bekas bakaran dan aroma asap.

      Weber merupakan merk yang ditemukan di Amerika Serikat pada tahun 1952 oleh George Stephen. Di masa itu, dia mencoba berinovasi dalam kegiatan panggang memanggang dengan cara menutupi panggangan dengan pelampung baja yang dipotong setengah. Hasilnya adalah desain unik panggangan dengan rasa makanan yang lebih lezat dan suhu yang lebih terkontrol.

      Alat panggangan Weber dibagi menjadi dua jenis, yakni jenis panggangan gas dan panggangan arang. Alat panggangan gas Weber dibagi menjadi dua jenis yaitu Weber Q Grills dan Weber Gas Grills. Weber Q Grills berukuran kecil dan bersifat portable sehingga cocok digunakan di rumah-rumah dengan ukuran yang tidak terlalu besar, sedangkan Weber Gas Grill yang berukuran lebih besar cocok diletakkan di rumah yang lebih besar atau di kafe berskala kecil.

Alat Pemanggang ala Amerika Masuk Indonesia
     

      Sama halnya dengan Weber Gas Grill, panggangan arang Weber atau Weber Charcoal Grill juga berukuran besar sehingga cocok digunakan di rumah yang berukuran besar dan kafe-kafe kecil.

      Keunikan Weber Gas Grill terletak pada kemampuannya untuk memberi rasa asap kepada makanan. Jika pengguna panggangan arang memuja rasa asap makanan, Weber Gas Grill dapat memuaskan keinginan tersebut dengan teknologi Flavorizer Bar yang terletak di bagian bawah panggangan. Cairan makanan yang menetes ke Flavorizer Bar dapat diuapkan kembali ke makanan sehingga memberi rasa asap khas panggangan.

      Selain itu, panggangan ini juga mudah untuk dibersihkan. Dengan teknologi One Touch Cleaning System, berbagai kotoran dapat dibersihkan dengan seketika.

       Bagaimana, tertarik mencoba alat pemanggang premium ala Amerika yang baru masuk Indonesia ini, Sobat SaSe? (DV/ dari berbagai sumber)

Baca juga: Jenis Alat Pemanggang yang Cocok di Rumah (1), Jenis Alat Pemanggang yang Cocok di Rumah (2)