Mengenal Lumpia Basah Khas Jawa Barat

By dina, Selasa, 27 September 2016 | 17:00 WIB
Mengenal Lumpia Basah Khas Jawa Barat (dina)

      SajianSedap.com – Camilan khas Jawa Barat, lumpia basah, adalah hidangan primadona warga lokal. Apalagi versi Bandung dan sekitarnya. Siapa yang bisa menolak hidangan panas yang lezat, bergizi, murah, dan mengenyangkan ini?

      Bagi yang belum tahu, lumpia basah Jawa Barat ini berbeda dengan lumpia goreng khas Semarang. Ya, walaupun isinya belum tentu beda jauh. Seperti banyak hidangan khas Jawa Barat lainnya, lumpia basah terasa kaya akan bumbu kencur yang bahasa Sundanya adalah cikur. Dibuat langsung di depan mata kita, pembeli juga bebas meminta level kepedasan sesuai keinginan mereka. Tentunya, lidah Sunda para pembeli menyukai cita rasa agak pedas.

      Lumpia basah Jawa Barat terdiri dari kulit lumpia segar yang diolesi dengan adonan tepung kanji dan gula merah dan diberi isian. Isiannya sendiri sederhana, namun cita rasanya sungguh istimewa. Ia terbuat dari tumisan telur, tauge, dan bengkuang olahan. Tumisan ini diperkaya dengan campuran bumbu kencur dan bawang putih serta sambal cabai sesuai selera pembeli.

      Unsur protein, serat, vitamin, serta karbohidrat lengkap sudah rasanya masuk ke tubuh kita di kala kita menyantap camilan ini. Harganya yang murah juga membuat lumpia basah jadi sahabat saat lapar di berbagai kalangan.

      Hidangan yang mengenyangkan ini cocok disantap untuk sarapan. Untuk yang mudah kenyang, lumpia basah pun bisa menjadi pilihan makan siang ataupun makan malam.

      Kini, lumpia basah tidak hanya hadir dengan isian tauge, telur, dan bangkuangnya yang klasik. Berlomba-lomba pula para penjual lumpia basah yang juga menambahkan isian yang lain dari penjual yang lain seperti sosis, bakso, ati ampela, jamur, hingga kwetiau sehingga lebih mengenyangkan perut.Sobat SaSe, pernahkan Anda mencicipi lumpia basah khas Jawa Barat ini? Varian rasa apa yang Anda suka? Jika belum pernah dan sulit menemukannya, kita bisa membuatnya sendiri, lho. Temukan berbagai resepnya di website ini. (DV/ dari berbagai sumber)

Baca juga: Lumpia Basah ala Bogor, Lumpia Basah Pepaya Muda, Lumpia Basah