Dua Cara Memanggang Makanan di Panggangan Arang

By dina, Minggu, 9 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Dua Cara Memanggang Makanan di Panggangan Arang (dina)

      SajianSedap.com – Cara memanggang makanan di panggangan bara, apalagi panggangan bara yang tertutup, sebenarnya tidak sulit. Prinsipnya adalah melakukan cara memanggang yang benar untuk tiap-tiap bahan makanan.

      Berikut ini adalah cara memanggang makanan yang wajib kita pahami jika ingin makanan kita pas matangnya dan bercita rasa tinggi.

Memanggang Langsung

      Cara memanggang ini adalah cara memanggang yang akrab dengan cara memanggang makanan ala orang Indonesia. Metodenya adalah dengan memanggang bahan langsung di atas bara api. Caranya dimulai dengan meletakkan bara api secara merata di dasar panggangan, kemudian menyalakannya dengan api. Rak panggangan lalu diletakkan di atasnya dan makanan dipanggang langsung di atas rak panggangan tersebut.

      Metode memanggang langsung makanan ini cocok untuk bahan makanan yang berukuran kecil dan cepat matang, umumnya adalah daging steak, potongan daging, udang, hamburger, sayuran, ikan, dan roti-rotian. Lama memanggang tidak lebih dari 20 menit. Jika tidak, makanan pasti gosong. Dalam memanggang dengan cara ini, panggangan tidak perlu selalu ditutup. Justru makanan bisa sering diintip untuk melihat kematangannya.

Memanggang Tidak Langsung

      Restoran yang menjual makanan panggang biasanya memakai metode memanggang ini. Prinsipnya adalah memanggang makanan tidak secara pas di atas bara api. Namun, panas dari bara api tetap mengenai makanan sehingga lambat laun bahan akan matang juga.

      Metode memanggang ini cocok dipakai untuk bahan-bahan berukuran lebih besar yang jika dipanggang secara langsung akan hangus duluan bagian luarnya, namun tidak matang di bagian dalamnya. Contohnya adalah rak iga bakar, daging berukuran besar, dan ayam utuh.

      Untuk memanggang dengan cara ini, yang harus dilakukan adalah menyalakan bara api di tempat terpisah, biasanya di cerobong bara, hingga bara api memerah dan benar-benar panas. Kemudian, bara api diletakkan di bagian kiri dan kanan dasar panggangan sehingga ada zona kosong di tengah-tengah dasar panggangan. Jika ingin memberi rasa berasap, di atas bara juga dapat ditambahkan kayu asap.

      Dasar panggangan kemudian ditutup dengan rak panggangan. Bahan dipanggang di bagian tengah rak panggangan, tepat di atas zona kosong dasar panggangan. Dengan menggunakan metode ini, bahan makanan dapat dipanggang berjam-jam. Namun, selama memanggang, panggangan harus selalu ditutup.

      Nah, itulah dua cara memanggang makanan dengan panggangan arang yang benar. Mari kita ikuti agar makanan yang kita panggang pas matangnya dan sedap rasanya. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: OVENS.REVIEWED.COM

Baca juga: Cara Mudah Memanggang Roti, Memanggang Salmon dengan Sempurna, Cara Penggunaan Teflon