Mulligatawny Soup, Makanan Favorit Gordon Ramsay

By dina, Rabu, 28 September 2016 | 17:00 WIB
Mulligatawny Soup, Makanan Favorit Gordon Ramsay (dina)

      SajianSedap.com – Mulligatawny soup adalah makanan favorit Gordon Ramsay pada masa kecilnya di Inggris. Sup hangat ini merupakan sup dengan rempah-rempah khas India yang lezat dan bersifat menghangatkan. Setelah masa kolonialisasi Inggris di India, sup ini diadaptasi sesuai dengan selera orang Inggris, lalu turut menjadi makanan nasional negara tersebut.

      Gordon Ramsay di acara Ultimate Cooking Course-nya mengatakan bahwa sup ini banyak mengingatkan kepada masa kecilnya. Berada di sebuah keluarga beranggotakan 6 orang, Helen Ramsay, ibu dari Gordon Ramsay, mengerjakan dua pekerjaan dalam satu hari sekaligus mengurus seluruh anggota keluarganya.

      “Karena kesibukan Helen, makanan yang dapat dia siapkan adalah makanan yang lezat sekaligus mudah disiapkan dan murah bahan-bahannya. Salah satu sup yang paling membekas di kenanganku adalah sup Mulligatawny ini,” kata Gordon Ramsay di acara tersebut.

      Sup mulligatawny berasal dari bahasa Tamil “mulliga” dan “thanni”. Ketika disambungkan, kata tersebut berarti air pedas. Aslinya, sup ini hanya terbuat dari dasar kacang lentil, bawang bombay goreng, dan bubuk kari. Namun kini, sup ini diadaptasi menjadi sedikit kental dan ditambahkan bubuk kari serta pala. Tak jarang sayuran, kacang, ayam, dan nasi ikut menyemarakkan sup dengan rasa yang kuat ini.

      Versi Gordon Ramsay sendiri cukup sederhana, namun bertekstur kental dan bercita rasa kaya. Ia terdiri dari 3 sendok makan pure tomat, tepung untuk pengental, satu apel hijau parut, 300 ml kaldu ayam, 400 ml santan, dan setengah mangkuk nasi. Sup ini dibumbui dengan dua hingga tiga sendok makan jahe parut, dua sendok makan bubuk kari, 2 bawang bombay iris yang ditumis, lada, dan garam.

      Di resep buatan ibunya ini, Gordon Ramsay mengaku bahwa parutan jahe segar adalah favoritnya. Ini juga menginspirasi cita rasa masakan Gordon Ramsay karena kini dia pun kerap menggunakan jahe segar di berbagai makanannya.

      Bagaimana Sobat SaSe, berani memasak mulligatawny soup yang menjadi makanan favorit Gordon Ramsay ini? Luar biasa kasih sayang seorang ibu, ya, hingga bisa menginspirasi anaknya untuk menjadi orang yang besar. (DV/ dari berbagai sumber).

FOTO: SIMPLYRECIPES.COM

Baca juga: Berbagai Makanan Vegetarian India, Berbuka dengan Bubur India Khas Semarang, Pancake ala India Selatan