Roti Gambang yang Kian Jadi Incaran

By dina, Rabu, 28 September 2016 | 17:00 WIB
Roti Gambang yang Kian Jadi Incaran (dina)

      SajianSedap.com – Siapa suka roti gambang? Kita yang hidup sebelum masa cake dan kue beraneka rupa dan rasa muncul pasti mengenal roti ini sebagai roti favorit dari toko kue jadul. Ya, roti gambang yang biasa disebut roti ganjel rel ini merupakan roti tradisional yang menjadi favorit bertahun-tahun lalu.

      Kini, para pecinta roti gambang kerap setia menunggu penjual roti bersepeda melewati rumahnya agar bisa membeli sepotong roti ini. Apa, ya, yang membuat roti ini begitu istimewa?

      Roti gambang adalah roti khas Semarang. Ia merupakan roti Indonesia yang menggunakan resep khas Belanda. Teksturnya khas, keras namun liat. Saat dikunyah akan terasa legit dan harumnya roti ini.

      Bahan-bahan utama roti gambang adalah tepung terigu dan gula merah. Karena bukan dari gula putih, rasa manisnya lebih earthy dan seperti karamel. Aromanya berasal dari bumbu spekoek dan kayumanis bubuk. Di atas kue gambang, biasa ditaburi wijen putih yang memperkaya aroma dan teksturnya.

      Walau tekstur uletnya yang membuat kita rindu, ternyata inilah yang membuat kue gambang kurang populer. Kita lambat laun lebih menyukai tekstur roti yang lembut sehingga tekstur kue seperti ini dianggap sulit dimakan. Padahal, banyak ahli yang mengatakan bahwa tekstur roti ini baik untuk pencernaan.

      Di Semarang, roti ini menjadi bagian dari suatu tradisi budaya yang disebut Dugderan. Menjelang bulan Ramadan, Walikota Semarang yang berperan sebagai RM Tumenggung Aryo Proboningrat akan membagikan 8.000 roti gambang kepada rakyat Semarang. Perayaan ini ramai dan sangat seru karena warga akan berebutan mengambil roti ini. Ritual ini dipercaya sebagai simbol melancarkan kegiatan puasa di bulan Ramadan. Secara simbol, roti ganjal rel dapat menolak ganjalan yang bisa terjadi di bulan puasa.

      Apa Anda juga menyukai roti gambang, Sobat SaSe? Di mana Anda membeli roti gambang favorit Anda? Jika ingin membuatnya, yuk, tengok resep roti gambang di situs favorit kita ini. (DV/ dari berbagai sumber)

Baca juga: Roti Gambang Cokelat Kenari, Roti Gambang Bolu Cokelat, Roti Gambang