Tips Barbecue Asia ala Chef Jamie Foy

By dina, Rabu, 28 September 2016 | 17:00 WIB
Tips Barbecue Asia ala Chef Jamie Foy (dina)

      SajianSedap.com – Jamie Foy, celebrity chef asal Inggris yang juga merupakan representatif dari merek panggangan Weber, membagikan cara memasak barbecue favoritnya. Chef yang memenangkan penghargaan Young Rising Star di British Cookery Inggris mengalahkan 400 kompetitor ini menyenangi bumbu masak khas Asia.

      “Bumbu-bumbu Asia beraneka rupa dan harum,” kata Jamie Foy mengemukakan alasannya.

       Chef kelahiran 18 Mei ini membagikan bumbu masak dan cara memasak favoritnya. Dengan bumbu tersebut, dia biasa memarinasi apa saja mulai dari ayam, daging, dan seafood.

       “Tapi, favorit saya adalah steak rib eye,” kata Jamie.

       Bumbu-bumbu yang dimaksud adalah jahe parut, bawang putih yang dihaluskan, serta cabai giling. Untuk banyaknya sendiri, Jamie mengatakan bahwa itu bergantung kepada banyak daging serta selera kita.

       “Kita tidak bisa salah dengan ketiga bumbu tersebut. Jika suka rasa yang lebih segar, berikan saja jahe parut yang lebih banyak,” ujar Jamie.Bumbu-bumbu tersebut kemudian dipadukan dengan santan kental yang cukup untuk merendam bahan, kecap manis untuk unsur manis dan gurih, serta kecap asin yang memberi rasa khas.

      “Makin lama bahan dimarinasi, maka rasanya akan semakin kuat. Setengah sampai satu jam sudah cukup. Jika ingin memarinasi ayam dan waktunya hanya sedikit pun, sepuluh menit juga cukup,” ujar Jamie.

       Setelah itu, daging dapat segera dipanggang menggunakan panggangan arang. Agar aromanya lebih harum, kita dapat menggunakan arang kelapa. Jika ingin memanggang dalam jumlah yang lebih banyak dan waktu yang lebih lama, disarankan menggunakan arang briket.

      “Arang kelapa akan memakan waktu hanya selama satu jam. Tapi, jika hanya memanggang dalam jumlah sedikit, arang ini justru lebih bagus untuk dipakai,” kata Jamie.

      Agar barbecue terasa lebih sedap, Jamie biasa memadukannya dengan salad yang terbuat dari bahan-bahan bercita rasa segar. Favoritnya adalah salad timun dengan kemangi dan daun mint. Lebih segar lagi apabila salad tersebut diberi perasan air jeruk lemon.

      Nah, apa Anda berminat membuat barbecue Asia ala Jamie Foy ini? Rasanya, ini mudah ditiru dan lezat. (DV)

Baca juga: Honey Barbecue Chicken Wing, Ribs Spicy Barbecue, Seafood Barbecue