Cara Mengasah Pisau Blender

By dina, Kamis, 29 September 2016 | 17:00 WIB
Cara Mengasah Pisau Blender (dina)

      SajianSedap.com – Tidak perlu beli blender baru jika kita tahu cara mengasah pisau blender dengan benar. Caranya yang mudah membuatnya bisa diikuti oleh siapa saja yang mau belajar. Jika mengetahui cara ini, tidak perlu khawatir lagi apabila blender kita tidak bisa mencacah dengan cepat dan seperti semula.

      Inilah langkah-langkah yang dapat kita ikuti jika ingin mengasah pisau blender.

      Pertama, lepaskan blender dari stop kontaknya. Cabut aliran listrik yang menuju ke blender agar proses mengasah pisau jadi aman.

      Kedua, pisahkan wadah blender dari dudukannya. Hati-hati, jangan sampai dudukannya rusak.

      Ketiga, cuci dahulu wadah blender. Ini adalah langkah yang penting untuk menghindari kerusakan alat. Jika pisau blender masih kotor saat diasah, bukan tidak mungkin gesekan antara kotoran dan pengasah justru membuat pisau rusak. Jika bisa, cucilah dengan menggunakan air hangat agar seluruh kotoran terangkat denngan sempurna.

      Keempat, ambillah pisau blender dari dasar wadah. Ambillah juga bagian karet dan gearnya. Asahlah pisau blender dengan cara yang sama seperti cara mengasah pisau. Ikutilah kemiringan pisau tersebut saat mengasahnya, umumnya dengan kemiringan 10-15 derajat. Pisau juga harus diasah menjauhi badan kita demi keselamatan bekerja.

      Kelima, umumnya pisau blender terdiri dari empat bilah. Maka, ulangilah proses pengasahan ke empat bilah tersebut. Asah juga bagian belakang pisau hingga tajam kembali.

      Terakhir, cucilah pisau dengan air sabun bersuhu hangat. Gunakan spons untuk membersihkan sisa-sisa debu asahan logam yang tajam. Setelah pisau selesai diasah dan dicuci, keringkan semua bagian-bagian blender. Lalu, susun kembali bagian-bagian blender di tempatnya masing-masing.

      Kini, blender yang sudah tajam pisaunya bisa kita gunakan kembali. Ingatlah untuk selalu memperhatikan keadaan blender kita. Jika dirasa sudah tidak terlalu tajam untuk mencacah es, sayur, atau buah, bersiap-siaplah untuk mengasahnya.

      Nah, itulah cara tepat untuk mengasah pisau blender. Siapkah Anda untuk mencobanya di rumah? (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: EXPERTREVIEWS.CO.UK

Baca juga: Cara Mengasah Pisau dengan Benar, Blender atau Cobek?, Merawat Blender Agar Tahan Lama