Beda Edamame dan Kedelai

By dina, Kamis, 29 September 2016 | 17:00 WIB
Beda Edamame dan Kedelai (dina)

      SajianSedap.com – Sering muncul pertanyaan tentang beda dari edamame dan kedelai. Mereka terlihat berbeda, namun sebenarnya hampir sama. Terkadang, ada pula anggapan kalau edamame benar-benar berbeda dengan kedelai.

      Sebenarnya, semua edamame adalah kedelai. Namun, tidak semua kedelai merupakan edamame. Wah, kok bisa, ya?

      Edamame merupakan kacang kedelai yang dipanen saat masih muda dan hijau. Ia sering dikonsumsi sebagai camilan. Rasanya manis dan teksturnya juga tidak terlalu renyah jika dibandingkan dengan kacang kedelai yang sudah matang. Selain itu, kacang kedelai muda baru bisa dikatakan edamame setelah direbus bersama dengan kulitnya. Berbeda dengan kacang kedelai yang biasa diolah setelah dikeluarkan dari kulitnya.

      Di Jepang, edamame dan kedelai biasa sama-sama dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari. Namun, pengolahannya berbeda.Jika edamame disantap sebagai hidangan pembuka atau hidangan pelengkap tanpa ditambah dengan apa-apa lagi, kedelai harus diolah. Kacang kedelai biasa diolah menjadi berbagai hidangan seperti natto, miso, dan kinako. Jika ingin dikonsumsi secara polos pun, kedelai harus direndam dahulu di air, kemudian dibumbui. Barulah ia dipanggang.

      Selain itu, kacang kedelai juga diolah menjadi minyak kedelai, tahu, dan susu kedelai. Sebaliknya, edamame tidak dapat diolah menjadi produk-produk tersebut.

      Dalam kandungan nutrisi, kandungan yang ada di kedelai tentu ada pula di edamame karena mereka masih merupakan tanaman yang sama. Apalagi kacang ini merupakan satu-satunya tanaman kacang yang memiliki protein paling lengkap dan dapat memenuhi seluruh kebutuhan asam amino tubuh. Namun, kadarnya agak berbeda.

       Penelitian menunjukkan bahwa edamame memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi daripada kedelai matang. Namun, karena kandungan kedelai yang sudah matang lebih berkembang daripada edamame yang dipetik dalam keadaan muda, kadar lemak dan karbohidratnya lebih tinggi. Selain itu, kedelai matang juga lebih banyak memiliki kadar asam folat dan kalsium daripada edamame.

      Jadi, itulah beda antara edamame dan kedelai. Ternyata, kedua bahan itu tidak terlalu berbeda, ya? (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: HIDDENGLASSHOUSE.COM

Baca juga: Bubuk Kedelai, Susu Kedelai Aneka Rasa, Green Salad with Cheese and Edamame Dressing