Mengenal Kopi Ethiopian Yirgacheffe yang Lembut

By dina, Sabtu, 1 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Mengenal Kopi Ethiopian Yirgacheffe yang Lembut (dina)

      SajianSedap.com – Pecinta kopi kini sedang menggandrungi kopi Ethiopian Yirgacheffe. Kopi Arabika asal dataran tinggi Ethiopia Selatan ini memiliki cita rasa yang lembut dan fruity. Jika sebuah kedai kopi menjual Ethiopian Yirgacheffe, dapat dipastikan kopi ini laku keras walaupun kopi lokal sedang digemari.

      Kopi Ethiopian Yirgacheffe berasal dari tanaman kopi Arabika yang ditanam di dataran setinggi 1700-2000 meter di Sidamo, Ethiopia. Keadaan geografis dan lingkungannya memberikan profil rasa yang unik pada kopi tersebut.

      Kopi Ethiopian Yirgacheffe memiliki keasaman yang mencolok serta rasa yang bersih dan intens. Ia juga memiliki aroma bebungaan dan kelapa panggang. Aftertaste atau kesan yang ditinggalkan setelah meminum kopi tersebut cukup lama di dalam mulut. Ia juga memiliki cita rasa buah beri dan wine.

      Kopi Yirgacheffe yang diproses kering (buah kopi dipetik dan dijemur hingga dagingnya kering dan rontok dari bijinya) memiliki rasa agak seperti cokelat dan kacang. Sebaliknya, kopi Ethiopian Yirgacheffe yang diproses basah (dibersihkan dahulu dari daging buahnya dan difermentasikan sebelum dikeringkan dan digiling) memiliki rasa citrus sehingga cocok untuk dijadikan es kopi.

      Biji kopi Ethiopian Yirgacheffe biasa dipanggang dengan tingkat panggang medium roast alias tidak dipanggang terlalu hitam. Cara pemanggangan ini berguna agar keasaman kopi tetap mencolok. Jika dipanggang terlalu matang, cita rasa kopi akan semakin berat sehingga tidak terasa “bersih”.

      Selain itu, biji kopi Ethiopian Yirgacheffe juga akan makin terasa lezat apabila digiling dengan benar dan diseduh dengan cara yang tepat pula. Menyeduhnya dengan cara french press dan dengan metode pour over tanpa kertas filter juga dapat mengeluarkan cita rasanya tanpa mengganggunya sama sekali dengan aroma lain, seperti aroma kertas filter, contohnya. Cita rasa yang lembut dan segar pasti jadi keunikan tersendiri, apalagi buat orang Indonesia yang terbiasa meminum kopi dengan cita rasa yang berat.

      Penasarankah Anda untuk mencoba kopi Ethiopian Yirgacheffe ini, Sobat SaSe? Yuk. Cicipi di kedai kopi favorit kita. (DV/ dari berbagai sumber).

FOTO: ROASTCOFFEEANDTEACOMPANY.COM