Tips Membuat Bakpao Putih

By dina, Senin, 3 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Tips Membuat Bakpao Putih (dina)

      SajianSedap.com – Tips untuk membuat bakpao putih sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diikuti. Kuncinya adalah pemilihan bahan yang tepat. Jika kita menggunakan bahan yang pas, maka warna bakpao yang dihasilkan cantik.

      Pemilihan bahan yang pas diperlukan karena ada alternatif bahan yang memiliki warna lebih terang atau lebih putih. Selain itu, ada bahan yang jika bereaksi secara kimia dengan bahan lainnya menghasilkan warna yang keruh dan tidak cerah.

      Pertama-tama, bakpao tidak perlu menggunakan telur. Teksturnya akan khas sesuai tekstur bakpao pada umumnya. Jika menginginkan tekstur bakpao yang lebih lembut, kita bisa menggunakan bahan ini. Namun, jangan gunakan kuningnya, putihnya saja sudah cukup. Jika menggunakan kuningnya, warna bakpao tidak akan putih sempurna.

      Kedua, untuk unsur lemaknya, jangan gunakan minyak, mentega, atau margarin biasa. Gunakanlah shortening atau mentega putih. Jenis mentega ini akan membuat warna bakpao lebih cantik. Selain itu, mentega ini juga merupakan mentega yang paling pas untuk membuat kue dan pastry. Rasanya juga lebih enak. Namun, jangan menambahkannya terlalu banyak karena dapat membuat rasa makanan terlalu berlemak.

      Ketiga, gunakanlah tepung terigu protein rendah. Pada dasarnya, semua tepung terigu berwarna putih sebelum diolah. Namun, makin tinggi protein dalam tepung, ia akan makin bereaksi dengan air dalam menciptakan warna yang lebih gelap. Itulah sebabnya tepung terigu protein sedang dan tinggi tidak cocok digunakan dalam membuat bakpao.

      Sobat SaSe, banyak bakpao yang dijual di pasaran memiliki warna yang putih cemerlang sehingga itu menjadi standar kita dalam membuatnya. Padahal, bisa jadi bakpao tersebut mengandung bahan pemutih. Bakpao sendiri tidak perlu putih warnanya. Jadi, kita tidak perlu khawatir jika bakpao yang kita buat tidak seputih yang dijual di pinggir jalan.

      Ikutilah tips membuat bakpao putih ini di rumah agar bakpao anda memiliki warna yang terang dan cemerlang tanpa menambahkan bahan pemutih di dalamnya. Tidak terlalu sulit, bukan? Yuk, buat bakpao sendiri. Pasti lebih enak dan sehat. (DV)

Baca juga: Bakpao Daging Manis, Bakpao Ayam Wijen, Bakpao Isi Kacang Keju