Tips Membuat Frittata si Telur Dadar Spanyol

By dina, Senin, 3 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Tips Membuat Frittata si Telur Dadar Spanyol (dina)

      SajianSedap.com – Tips membuat frittata, telur dadar tebal ala Spanyol, tidak terlalu sulit untuk kita ikuti. Hidangan telur pada dasarnya memang mudah kita siapkan. Soalnya, teknik untuk memasaknya juga dasar dan tidak memerlukan langkah yang rumit.

     Frittata adalah telur dadar yang berisi daging, keju, sayuran, pasta, dan kentang. Ada dua versi frittata yaitu dari Spanyol dan Italia. Frittata di Italia tidak menggunakan kentang dalam pembuatannya, namun di Spanyol, frittata menggunakan kentang. Versi frittata kentang ala Spanyol ini populer karena mengenyangkan dan mudah untuk dibuat.

     Frittata berasal dari bahasa Italia, “figgere”, yang dalam bahasa Indonesianya berarti goreng. Pada kenyataannya, hidangan telur ini tidak digoreng.

      Walaupun mirip dengan telur dadar, frittata memiliki perbedaan dengan makanan tersebut. Telur dadar biasanya berukuran tipis, sedangkan frittata berukuran tebal karena berisi kentang dan bahan-bahan lainnya. Isinya juga berbeda. Jika frittata isiannya padat, telur dadar biasanya hanya berisi bumbu-bumbu seperti bawang bombay, tomat, cabai, kornet, dan keju.

      Dalam membuat frittata, ada hal yang harus kita perhatikan.

      Pertama, gunakanlah api yang kecil. Api kecil akan membuat frittata matang dengan lama, namun matangnya sempurna. Berbeda dengan jika kita menggunakan api besar. Bagian luarnya akan matang terlebih dahulu, bahkan mencokelat. Namun, bagian dalamnya bisa jadi tidak matang.

      Kedua, agar kentang yang kita gunakan di dalam frittata lembut, kukuslah atau rebuslah terlebih dahulu hingga setengah matang, baru potong-potong dadu kecil, tipis, atau korek. Jika tidak dikukus atau direbus, kentang hanya akan setengah matang saat dimasak menjadi frittata.

      Ketiga, gunakanlah wajan yang tebal agar frittata tidak hangus. Wajan tebal memiliki kemampuan menyimpan dan menghantarkan panas secara baik sehingga bagus untuk memasak frittata berukuran tebal.

      Keempat, untuk isian frittata, kita dapat langsung mencampurnya dengan telur. Kita juga bisa menumisnya dahulu dengan bumbu agar lebih matang dan meresap.

      Kelima, saat dimasak, bagian telur yang belum mengeras juga bisa diaduk agar tidak hangus. Namun, hati-hati untuk menjaga agar isian tidak hancur.

      Itulah tips dalam membuat frittata, si telur dadar tebal dari Spanyol. Yuk, kita ikuti. Jika tidak ingin menggunakan kentang, yang berarti kita membuat versi Italia, kita juga bisa menambahkan krim atau susu agar lebih padat isinya. (DV)

Baca juga: Mini Frittata, Frittata Telur Bebek