Tips Memilih Tape Singkong untuk Kudapan

By dina, Selasa, 4 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Tips Memilih Tape Singkong untuk Kudapan (dina)

      SajianSedap.com – Mengikuti tips memilih tape singkong untuk kudapan wajib kita lakukan apalagi di saat kita ingin memasak menggunakan bahan ini. Jangan sampai tape yang kita pilih justru merusak cita rasa atau tekstur kue.

      Di pasaran, biasa kita temui jenis tape yang berbeda-beda. Dari segi warna, ada tape singkong yang berwarna putih karena terbuat dari singkong biasa. Namun, ada juga tape singkong berwarna kuning cerah karena terbuat dari singkong mentega.

      Umumnya kita menyenangi tape singkong yang terbuat dari singkong mentega. Namun, memilih tape singkong berwarna putih pun tidak apa-apa.Dari segi tekstur, kita biasa melihat tape yang sangat basah dan lembut hingga berair. Ada pula tape yang cukup lembab namun tidak sampai lembut dan berair. Di sisi lain, ada pula tape singkong yang benar-benar kering sehingga menyerupai peuyeum.

      Tape yang sangat basah ini memang enak untuk dicemil karena teksturnya yang lembut. Jika suka tekstur tape yang keras, tape yang kering juga bisa kita kudap langsung. Namun, ternyata tape singkong yang cocok diolah menjadi kudapan lainnya adalah tape singkong yang memiliki tekstur sedang-sedang saja. Tidak terlalu kering, namun juga tidak terlalu lembek.

       Jika digoreng, tape bertekstur sedang ini tidak akan jadi terlalu lembek. Jika dibuat menjadi cake, cake kita juga terhindar dari bantat. Saat akan menghaluskan tape ini, ingatlah untuk membuang sumbunya terlebih dahulu agar tidak mengganggu tekstur makanan yang kita kudap nantinya.

      Terakhir, kita bisa meminta tukang tape untuk mencicipi sedikit rasa tape singkongnya. Carilah tape singkong yang manis. Rasa tape dipengaruhi oleh kandungan alkohol di dalamnya. Tape dengan kadar alkohol yang cenderung banyak karena fermentasi berlebihan akan terasa masam dan pahit. Sebaliknya, tape singkong yang fermentasinya pas terasa manis karena proses tersebut cukup mengubah karbohidrat di dalam tape menjadi gula.

      Itulah tips dalam memilih tape singkong yang pas untuk kudapan. Masakan tape singkong kita dijamin lebih enak apabila bahannya pas. (DV)

Baca juga: Roti Tape Singkong, Pukis Tape Singkong, Es Putar Tape Singkong