Asal Usul Croissant

By dina, Selasa, 4 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Asal Usul Croissant (dina)

      SajianSedap.com – Sobat SaSe, tahukah Anda kalau asal usul croissant bukanlah dari Perancis? Dahulu, bentuknya juga tidak sama dengan croissant yang kita kenal sekarang ini.

      Cikal-bakal croissant berasal dari Austria. Di Austria, namanya adalah Kipfel. Roti ini terbuat dari adonan roti lembut yang digulung dan dilengkungkan hingga membentuk bulan sabit.

      Kipfel populer di Austria sebagai roti mengenyangkan yang lezat dan nikmat. Ia bisa diisi dengan cokelat, buah-buahan, kacang-kacangan, atau dipanggang secara polos saja. Bentuknya yang menyerupai bulan sabit juga memiliki sejarah sendiri karena ada kaitannya dengan perang antara Eropa dan Ottoman. Bentuk bulat sabit ini menyerupai simbol yang ada di bendera Ottoman.

      Kipfel semakin populer sejak August Zang, seorang mantan tentara, membuka bakery Wina di Paris pada tahun 1839. Cita rasa kue dan roti asal Wina yang lezat ini membuat banyak  orang Perancis meniru roti buatannya. Nama “croissant” dalam bahasa Perancis sendiri berarti “bulan sabit” dalam Bahasa Indonesia.

      Selain August Zang dan bakery Winanya, ada pula cerita yang menyebutkan bahwa Marie Antoinette-lah yang membuat Kipfel terkenal di Perancis. Marie Antoinette, ratu Perancis yang terkenal akan sifat materialistisnya itu, hanya seorang putri dari Austria yang masih berumur 15 tahun ketika dijodohkan dengan putra mahkota Perancis. Dia rindu kampung halamannya dan selalu meminta roti Kipfel dihidangkan untuk mengobati perasaan sedihnya.

      Lambat laun, kipfel dibuat bukan dari adonan roti manis seperti biasanya, melainkan dari adonan pastry yang renyah dan rapuh khas Perancis. Bentuk ini juga dinilai lebih pantas dan cantik sebagai hidangan unntuk seorang ratu. Marie Antoinette pun menerima perubahan roti favoritnya itu.

      Terlepas dari asal usul croissant yang simpang siur, kini kita mengenal croissant sebagai roti yang lezat dan pas untuk dihidangkan baik polos maupun dengan isian, apalagi jika ditemani dengan secangkir kopi hangat di pagi hari. Aroma mentega dan tekstur renyah namun lembutnya itu, hmmm....membuat kita langsung semangat memulai hari. (DV/ dari berbagai sumber)

Baca juga: Cronut, Sandwich Croissant, Puding Panas Croissant