Hangat Beraroma Pumpkin Pie Spice

By dina, Kamis, 6 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Hangat Beraroma Pumpkin Pie Spice (dina)

      SajianSedap.com – Walau kita bukan negara empat musim, pumpkin pie spice yang identik dengan bumbu makanan musim gugur ini ikut meramaikan kuliner negara kita akhir-akhir ini. Tengok saja kedai makanan dan minuman waralaba dari luar negeri. Banyak yang menjual makanan dan minuman beraroma pumpkin pie spice walau hanya sebagai makanan musiman.

      Sebenarnya, apa pumpkin pie spice ini? Apa ia benar-benar mengandung labu?

      Pumpkin pie spice merupakan campuran rempah-rempah yang beraroma manis dan hangat. Ia biasanya terdiri dari kayumanis bubuk, jahe bubuk, allspice bubuk, cengkeh bubuk, dan pala bubuk. Ia dinamakan pumpkin pie spice karena biasa digunakan sebagai bumbu pai labu yang juga merupakan makanan musim gugur.

      Karena Indonesia juga sedang dilanda musim hujan dan angin kencang, tidak ada salahnya mencoba membuat bumbu pumpkin pie spice ini. Bumbu ini bisa kita pakai untuk tambahan pada kopi susu. Jika ditambah dengan whipped cream, rasanya pasti tambah mantap.

      Sebenarnya, bumbu ini juga dijual di berbagai supermarket yang menjual bahan makanan impor. Namun, jika membuatnya sendiri, kita bisa menyesuaikan rasa yang kita mau. Kita bisa menambahkan kayumanis agar aromanya lebih lembut. Jika tidak menyukai cengkeh, kita juga bisa menguranginya sesuai dengan selera kita.

      Jika kita menyukai cita rasa bumbu spekoek, kita juga bisa menggunakan pumpkin pie spice. Aromanya jelas berbeda, namun cita rasanya sama-sama manis dan hangat. Gunakan campuran bumbu ini di berbagai kue kita. Selain itu, tentu kita juga bisa membuat pai labu sebagaimana mestinya bumbu ini digunakan. Gunakanlah labu kuning yang lebih lembut dan manis daripada labu parang biasa.

      Karena pumpkin pie spice terbuat dari rempah-rempah bubuk, ia bisa bertahan selama satu tahun di wadah tertutup jika disimpan di tempat yang kering dan teduh. Jika ingin membuatnya, buatlah dulu dalam porsi kecil agar tidak bersisa ketika digunakan.

      Sudahkah Anda mencoba makanan dan minuman yang mengandung pumpkin pie spice? Jika belum, mari mencobanya. Apabila sudah mencobanya, mari berkreasi membuat pumpkin pie spice sendiri. Hmmm....pasti aromanya manis dan menghangatkan badan. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: THEPIONEERWOMAN.COM

Baca juga: Pai Labu Kuning Kismis, Pai Almon Labu Kuning