Cara Mudah Mengupas Kulit Tomat

By dina, Jumat, 7 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Cara Mudah Mengupas Kulit Tomat (dina)

      SajianSedap.com – Karena kulitnya yang tipis, sekilas mungkin kita berpikir tidak ada cara yang mudah dalam mengupas kulit tomat. Padahal, hal tersebut bisa kita lakukan dengan gampang. Justru kuncinya ada di sifat kulit tomat yang tipis dan rapuh tersebut.

      Makanan Indonesia rata-rata menggunakan tomat utuh beserta kulit dan bijinya karena rasa dan tekstur tomat yang unik justru bisa memperkaya masakan. Namun, masakan Eropa seperti sup tomat membutuhkan kehalusan sehingga membutuhkan daging tomat kupas. Kulit tomat dinilai merusak kehalusannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mudah mengupas kulit tomat dengan cepat. Apalagi bagi chef di restoran Eropa.

      Ternyata, masakan seperti itu tidak hanya milik restoran-restoran mahal. Kita juga bisa membuatnya di rumah. Untuk membuatnya, kita harus tahu cara mudah mengupas kulit tomat.

      Cara pertama merupakan cara yang sering diterapkan di restoran-restoran karena koki membutuhkan cara yang sistematis untuk mengolah banyak buah tomat. Ini dimulai dengan cara membuang bagian bekas tangkai tomat yang berwarna kehitaman di ujung tomat. Lalu, kerat kulit tomat membentuk huruf “X” besar seolah menandai tomat untuk dibelah 4.

      Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan tomat selama belasan hingga 30 detik saja. Untuk menandainya, lihatlah bagian kulit di dekat sayatan kita. Jika mulai mengelupas, tomat siap kita angkat.

      Selepas merebus, kejutkan tomat dengan merendamnya di air es. Perubahan suhu dari panas ke dingin akan membuat kulit tomat memuai lalu mengerut seketika sehingga kulit tomat bisa kita kupas dengan mudah. Jika tidak ada air es, kita juga bisa menggunakan air dingin yang kita simpan dahulu di kulkas. Yang penting, cukup ekstrim perubahannya dari panas ke dingin.

      Kupaslah tomat dengan menggunakan ujung pisau buah. Setelah menggunakan cara ini, kulit tomat bisa dengan mudah kita kupas semudah mengupas kulit pisang.

      Itulah cara mudah mengupas kulit tomat yang bisa kita ikuti di rumah. Selamat memasak hidangan tomat favorit Anda, Sobat SaSe. (DV/ dari berbagai sumber)

FOTO: SERIOUSEATS.COM

Baca juga: Minestrone Seafood Soup, Minestrone Soup, Sup Tomat Seafood