Tips Mengonsumsi Makanan Sebelum Lari

By dina, Jumat, 7 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Tips Mengonsumsi Makanan Sebelum Lari (dina)

       SajianSedap.com – Agar badan selalu bugar, mari konsumsi makanan bergizi sebelum lari. Olahraga kardio ini memang mudah, murah, dan dapat membakar kalori dengan cepat. Namun, agar lebih maksimal, koreksilah cara makan kita.

       Normalnya, kita harus menunggu dua hingga empat jam setelah makan besar sebelum berlari agar pencernaan kita siap dan energi kita cukup. Namun, jika kita hanya makan camilan, dalam 30 menit setelahnya kita sudah siap untuk berlari.

       Jika kita hanya punya waktu di pagi hari, maka sarapanlah dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Apabila jeda waktu antara bangun tidur dan berlari cukup panjang dan mencapai dua jam, kita bisa langsung sarapan besar yang tinggi karbohidrat seperti pancake atau bubur. Kita juga bisa menambahkan buah, susu, atau kombinasi keduanya di dalam smoothies. Akan tetapi, jika waktu kita hanya sedikit, kita bisa makan camilan yang cepat memberikan energi yang tinggi.

       Contoh camilan kecil yang bisa kita makan sebelum berlari adalah energy bar, pisang, dan semangkuk kecil havermut. Jika ingin sarapan dan camilan yang lebih mengenyangkan tapi masih cukup ringan untuk dicerna tubuh,, kita bisa memakan roti isi selai kacang dan selai buah atau semangkuk besar sereal. Namun, beri jeda yang cukup sehingga perut tidak penuh saat berlari.

       Lari dengan jarak dan waktu yang panjang membutuhkan latihan yang juga panjang. Dalam latihan, kita harus memakan makanan dengan indeks glikemik rendah. Gulanya lama dicerna tubuh namun energinya juga disimpan lebih lama. Namun, di hari kita melakukan olahraga lari tersebut, konsumsilah makanan dengan indeks glikemik yang tinggi karena dapat memberikan energi secara cepat karena kadar gulanya juga cepat dicerna tubuh. Contohnya adalah makanan dengan buah-buahan manis seperti pisang, susu, dan kacang.

      Itulah tips yang bisa kita ikuti dalam mengonsumsi makanan sebelum olahraga lari. Mari kita ikuti, Sobat SaSe, agar tubuh kita selalu sehat dan bugar. (DV/ dari berbagai sumber)FOTO: THEPANTRY.BOXGREEN.COM

Baca juga: 7 Camilan Sehat yang Sebaiknya Ada di Meja Kantor, Kiat Tetap Hidup Sehat Sekalipun Sibuk, 5 Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Anak