Jenis Daging yang Cocok untuk Barbecue

By dina, Senin, 10 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Jenis Daging yang Cocok untuk Barbecue (dina)

      SajianSedap.com – Ingin tahu jenis daging yang cocok untuk diolah menjadi hidangan barbecue? Yuk, ikuti tips dari Albert Wijaya, Chef Owner dari The Holy Smokes. Dengan ini, hidangan barbecue kita dijamin enak rasanya.

       Sebelumnya, barbecue dan panggang sebenarnya berbeda dan banyak dari kita yang salah kaprah. Barbecue merupakan teknik masak yang tidak menggunakan api langsung. Biasanya dari panas asap dan uap. Berbeda dengan panggang yang merupakan cara masak dengan meletakkan makanan langsung di sumber panas. Waktu masaknya juga lebih lama, bisa berjam-jam, sedangkan memanggang hanya butuh waktu sebentar saja.

       Karena waktu yang lama itulah tidak semua jenis daging cocok untuk dibuat barbecue. Ada kriteria tertentu. Menurut Albert, kriterianya adalah sebagai berikut.

      Jika menggunakan daging yang lembut seperti tenderloin, maka daging akan hancur. Padahal, waktu masaknya cukup lama. Selain itu, daging yang lembut harganya cukup tinggi sehingga akan sayang jika dimasak dengan cara barbecue.

      Mengacu ke kriteria sebelumnya, daging yang relatif keras biasanya berurat. Jika tidak dimasak dalam waktu yang lama, daging ini tidak akan enak karena menggigitnya saja sudah sulit. Beda apabila kita mengolahnya sebagai barbecue. Urat dan lemak justru meleleh dan meresap ke daging, membuat rasanya lebih kaya. Teksturnya juga lebih lembab dan lembut.

      Berdasarkan kriteria tersebut, Albert lebih sering membuat barbecue dari daging brisket atau sanding lamur dengan ukuran yang besar-besar. Di Holy Smokes, dia mengasapi daging dengan kayu apel selama 14 hingga 18 jam. Daging menjadi lebih lembut dan rasanya sangat kaya. Padahal, bumbunya terdiri dari rempah-rempah kering yang dioleskan di bagian luar daging.

      Albert juga menambahkan bahwa daging lain yang juga enak diolah dengan cara barbecue antara lain ribs dan short ribs (iga dan iga pendek sapi). Selain itu, bagian pipi atau rahang sapi juga enak. Walau sosis merupakan olahan daging, ia juga cocok dibuat barbecue.

      “Selain itu, di Amerika ada jenis potongan daging bernama tri-tip. Potongannya  jarang ditemukan di sini. Teksturnya pas untuk dibuat daging barbecue,” tutup Albert.

      Sobat SaSe, itulah jenis daging yang cocok untuk dibuat barbecue di rumah. Mari kita buat di akhir minggu nanti. (DV)

Baca juga: Tips Barbecue Asia ala Chef Jamie Foy, Honey Barbecue Chicken Wings, Ribs Spicy Barbecue