Tips Pintar Membuat Pizza Teflon yang Pasti Sukses

By dina, Jumat, 10 November 2017 | 10:07 WIB
Membuat Pizza Teflon Sederhana (dina)

      SajianSedap.com – Mari membuat pizza teflon sederhana di rumah. Jika tidak punya oven, inilah solusi tepat untuk kita. Caranya juga mudah sekali. Jika membuatnya dengan benar, pasti rasanya akan pas dan lezat. Tidak kalah dengan buatan kafe-kafe, lho, Sobat Sase.

      Jenis adonan yang diperlukan untuk membuat pizza teflon sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis adonan pizza biasa. Hanya saja, mungkin ia bisa dibuat agak tipis supaya cepat matangnya.

      Kulit pizza klasik bisa dibuat dari ½ sendok teh ragi instan, 135 ml air hangat, 200 gram tepung terigu protein tinggi, ½ sendok makan gula pasir, 1 sendok makan minyak zaitun, dan ½ sendok teh garam. Caranya, aduk ragi dan air hangat, lalu diamkan 15 menit. Campur larutan dengan tepung dan gula hingga kalis, lalu uleni. Tambahkan minyak zaitun dan garam, lalu kembali uleni. Banting-banting hingga elastis. Adonan siap digunakan.

(Baca juga: Cicipi Lembutnya Kue Ruwok Yang Bikin Lupa Diri)

      Kelebihan oven dalam pembuatan pizza adalah kemampuannya untuk memanaskan adonan hingga kandungan airnya menguap dan pizza renyah. Di teflon, hasilnya akan sedikit lembab. Pasalnya, selama memasak, teflon harus ditutup agar panas dari kompor tetap berada di dalam teflon. Walau matang, pizza tidak akan crispy. Alasan lainnya teflon harus ditutup adalah agar keju bisa meleleh.

      Agar pizza cepat matang dan bagus hasilnya, hal yang bisa kita lakukan adalah membuat adonan pizza yang tidak begitu tebal. Akan baik apabila ia dibuat tipis saja. Tusuk-tusuk dengan garpu agar tidak menggembung secara berlebihan.

(Baca juga: Agar Cake Tidak Mengempis Setelah Keluar Dari Oven, Ikuti Panduan Mudah Ini)

      Pangganglah adonan pizza dengan api kecil agar matang sempurna hingga ke dalam. Agar tekstur keju meleleh seperti pizza pada umumnya, maka keju mozzarella harus diparut. Pasalnya, kita hanya mengandalkan api dari bawah. Lama memasak juga akan sedikit lebih lama daripada di oven.

      Ciri-ciri pizza yang sudah matang adalah kecokelatan di bagian bawah. Walau adonannya sudah ditusuk-tusuk, pengaruh ragi pasti akan membuatny asedikit menggembung di sana-sini. Penggembungan karena udara itulah tanda kalau pizza sudah matang. Ketika dibelah, nantinya pizza akan berongga seperti roti.

      Itulah cara mudah membuat pizza teflon sederhana. Lengkapi dengan saus tomat buatan sendiri dan topping favorit Anda. Bisa menggunakan topping klasik seperti pizza margherita Italia yang hanya terdiri dari saus tomat, keju mozzarella, dan daun basil. Bisa pula membuat topping dengan sentuhan bumbu yag lebih berani. Bahkan, sebelum dimasak adonan pizza juga bisa ditambahkan keju parmesan atau oregano. (DV)

(Baca juga: 4 Bahan Alami Bersihkan Vagina Ini Bisa Kita Buat Sekarang Juga)

(Baca juga: Pasti Tergoda Dengan Puding Lapis Jeruk Cantik Yang Rasanya Memanjakan Lidah Ini)

(Baca juga: Resep Sukses Membuat Risoles Jagung Mayo, Camilan Favorit Semua Orang?)