Tips Membuat Panekuk Tipis ala Belanda

By dina, Rabu, 18 Oktober 2017 | 06:58 WIB
Tips Membuat Panekuk Tipis ala Belanda (dina)

       SajianSedap.comTips membuat panekuk tips ala Belanda tidak sulit untuk diikuti, lho, Sobat SaSe. Malah, ia lebih sederhana cara pembuatannya daripada pancake Amerika yang tebal. Dasar resepnya mirip dengan crepes Perancis karena gaya dadar Eropa memang tipis seperti itu.

      Syarat utama pembuatan panekuk adalah ketipisannya. Bayangkan kue dadar ala Indonesia, harus setipis itulah ia kira-kira. Inilah tips untuk membuat panekuk yang tipis.

       Bahan panekuk seperti ini adalah 150 gram tepung terigu protein sedang, ¼ sendok teh garam, 25 gram gula pasir, 1 butir telur, 2 kuning telur, 325 ml susu cair, dan ½ sendok teh butter yang kemudian dilelehkan.

       Untuk membuatnya, pertama-tame campur tepung terigu, garam, dan gula pasir, lalu sisihkan. Di wadah lain, kocok lepas telur dan kuning telur, lalu tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin. Jika sudah, tuangkan adonan basah ini ke tepung sambil diaduk hingga lembut, lalu tambahkan butter leleh. Dadarlah di wajan datar. Ukuran pasnya adalah yang diameter 20 cm.

      Untuk penyajiannya, panekuk klasik bisa disajikan dengan siraman sirup atau digulung dan diisi vla. Pada perkembangannya, saat sedang didadar pun ia bisa diberi potongan pisang tipis, nanas, atau keju di atasnya. Panekuk pun bisa disajikan seperti pancake Amerika, diletakkan di piring datar lalu diberi topping manis atau asin favorit kita di atasnya. Intinya, kita bisa kreatif soal penyajian. Bahkan, kulitnya bisa diberi warna dan esens yang menarik.

       Itulah tips membuat panekuk tips ala Belanda. Mudah, bukan, cara membuatnya? Tunggu apalagi, mari coba buat di rumah. (SP/DV)

(Baca juga: Hindari 6 Kesalahan Ini Kalau Mau Cake Kukus Sukses Layaknya Buatan Bakery)

(Baca juga: Mengenal Diet Ketogenik yang Sedang Naik Daun)

(Baca juga: Pedas Menyengat Sop Janda, Berani Coba?)

(Baca juga: Ini Dia Resep Jitu Membuat Sambal Terasi Yang Sedapnya Nagih)

(Baca juga: Cara Jitu Membuat Sus Goreng Enak Tanpa Oven?)