Berbagai Menu Makanan Ibu Hamil Sedap Bergizi

By dina, Senin, 24 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Berbagai Menu Makanan Ibu Hamil Sedap Bergizi (dina)

      SajianSedap.com – Ada berbagai resep makanan yang bisa ditiru danbaik dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu yang sedang megandung membutuhkan makanan yang tinggi nutrisi agar janin dapat bertumbuh kembang secara baik dan sempurna. Umumnya, mereka memerlukan tambahan makanan bernutrisi sebanyak 300 kalori per harinya.

      Akan tetapi, makanan sehat bisa membosankan. Berikut ini adalah contoh hidangan yang bisa diikuti di rumah oleh para ibu. Klik judul untuk melihat isinya.

Steak Salmon Asparagus

Berbagai Menu Makanan Ibu Hamil Sedap Bergizi

      Ikan salmon baik untuk kesehatan janin tertama untuk pertumbuhan otak dan matanya. Ia tak kalah enak dibuat steak. Beri tambahan asparagus untuk semakin menaikkan rasanya. Asparagus juga tinggi asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin serta vitamin B9 yang menghindarkan janin dari cacat lahir.

Bubur Havermut Madu Avokad

Berbagai Menu Makanan Ibu Hamil Sedap Bergizi

      Mari beralih ke sarapan sehat dengan menyandingkan havermut, madu, dan avokad. Selain sehat, sarapan bubur havermut madu avokad pun lebih nikmat. Havermut tinggi serat sehingga bagus untuk menghindarkan ibu hamil dari masalah pencernaan yang bisa berujung pada komplikasi kehamilan. Avokad juga tinggi asam folat, juga kaya zat besi sehingga bisa mencegah anemia pada ibu hamil.

Potato & Broccoli Souffle

Berbagai Menu Makanan Ibu Hamil Sedap Bergizi

      Inilah makanan yang tinggi akan kalsium sehingga baik untuk pertumbuhan tulang pada janin. Souffle dibuat dengan banyak keju, salah satu produk olahan susu tinggi kalsium. Sementara itu, brokoli juga merupakan sumber kalsium nabati utama. Masukkan brokoli terakhir supaya tidak hancur dan mempermudah pengadukan.

Sayur Bayam Ayam

Berbagai Menu Makanan Ibu Hamil Sedap Bergizi

      Sayur Bayam Ayam merupakan hidangan lengkap di mana sudah terdapat unsur sayur dan daging di dalamnya. Bayam tinggi asam folat dan kolin yang baik untuk pertumbuhan janin, terutama otak dan syarafnya. Ayam juga kaya protein, nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.

Salad Buah Saus Jeruk

Berbagai Menu Makanan Ibu Hamil Sedap Bergizi

     Ibu hamil wajib mengonsumsi banyak buah. Makin beraneka ragam dan berwarna-warni buahnya, makin bagus kandungan nutrisinya. Jumlah yang dianjurkan adalah 1,5 hingga 2 mangkok kecil buah per hari. Agar lebih lezat, tambahkan saus dari yogurt dan jeruk. Yogurt tinggi kalsium, sementara jeruk kaya akan vitamin C.

      Itulah contoh berbagai menu makanan ibu hamil yang sedap dan bergizi. Mudah dibuat, bukan? Mari mengonsumsi makanan sehat untuk pertumbuhan janin dan kesehatan sang ibu. (DV)

FOTO: DOK. SAJIANSEDAP