Trik Mudah Membuat Makanan Serba Diisi

By Marti, Selasa, 25 Oktober 2016 | 17:00 WIB
Trik Mudah Membuat Makanan Serba Diisi (Marti)

SajianSedap.com – Di kelas memasak Maggi bersama Majalah Sedap yang digelar 29 September 2016 lalu, makanan serba diisi jadi tema pilihan. Tim dapur uji Sedap mendemokan empat resep yaitu Ayam Kodok, Rolade Sukiyaki, Lumpia Kulit Tahu, dan Chicken Cordon Bleu. Trik Membuat Ayam Kodok       Untuk membuat Ayam Kodok, bagian daging dada dan punggung ayam dikeluarkan hingga tersisa bagian paha, sayap, dan kulit. Keseruan terjadi ketika peserta cukup heboh memisahkan daging dan kulit ayam hingga kulit menjadi robek. Canda dan tawa jadi bumbu suasana kelas memasak hari itu.       Ayam kemudian diisi dengan campuran daging ayam giling, telur kocok, keju, tepung roti dan telur rebus, sebelum akhirnya dijahit. Sebelum dikukus, ayam ditusuk-tusuk dengan jarum agar lemak dan cairan yang keluar bisa mengalir.

Trik Mudah Membuat Makanan Serba Diisi
      Sebelum dipanggang, ayam dioles saus bercita rasa asam manis gurih dari saus tomat, kecap inggris, Maggi Cube Rasa Ayam, serta bawang bombay. “Memanggang ayam kodok tidak perlu lama, 30 menit saja. Tapi suhunya agak tinggi, 180 derajat Celcius. Gunanya adalah agar tekstur dan warna kulit ayam jadi lebih cantik,” kata Chef Iko. Memadukan Produk Maggi Dengan Tepat       Corporate Chef dari Maggi, Chef Putra, juga berbagi tips soal penggunaan ragam produk Maggi dengan tepat. Contohnya Maggi Cube Rasa Ayam dan Sapi sebaiknya dilarutkan per butirnya ke 250 ml air untuk membuat makanan lebih lezat dan beraroma.
Trik Mudah Membuat Makanan Serba Diisi
      Tips Chef Putra yang lain, Maggi Seasoning dan Maggi Saus Tiram lebih cocok digunakan untuk masakan tumis dan siram. “Maggi Seasoning dan Maggi Saus Tiram tidak cocok dipadukan di satu masakan karena seluruh bahan Maggi Seasoning ada pula di Maggi Saus Tiram. Namun, masing-masing produk cocok dipadukan dengan Maggi Cube,” ujarnya. Membuat Sajian ala Resto Di Rumah       Tiga resep lain relatif lebih mudah dan cepat dipraktikkan. Rolade Sukiyaki adalah daging tipis yang diisi dengan nori dan sayuran, kemudian digulung dan ditumis dengan bumbu Maggi Seasoning, bawang bombay, dan kecap ikan.
Trik Mudah Membuat Makanan Serba Diisi
      Untuk Lumpia Tahu yang menggunakan kembang tahu sebagai kulit, isinya adalah campuran udang kupas, daging kepiting, Maggi Cube Rasa Ayam, minyak wijen, dan tepung sagu.       Kalau kita punya fillet dada ayam, lubangi saja hingga membentuk kantung, lalu isi dengan patty burger siap jadi, keju lembaran, dan daun bayam. Jadilah Cordon Bleu ala restoran. Sebelum diisi, marinasi dada ayam dengan Maggi Seasoning dan bumbu favorit kita.       “Hari ini seru dan hidup sekali acaranya. Ada hands-on Ayam Kodok yang bikin saya mau coba di rumah. Senang karena hari ini dapat dua doorprize,” kata Yaniati Sadikin, salah satu peserta. Seru sekali, bukan, kelas memasak bersama Maggi? Yuk, ikuti kelas memasak Sedap berikutnya. Pasti tidak kalah seru. (DV) FOTO: DOK. SAJI SEDAP