10 Tips Mudah Memasak Tahu ala Restoran

By Marti, Selasa, 25 Oktober 2016 | 17:00 WIB
10 Tips Mudah Memasak Tahu ala Restoran (Marti)

SajianSedap.com – Jika ingin tips masak tahu ala restoran nan ciamik, hasil demo dari Cooking Class Maggi bisa jadi acuan. Ada empat resep bertema Olahan Tahu ala Restoran yang didemokan oleh tim Majalah Sedap bersama Maggi 6 Oktober lalu.       Steamed Tofu jadi menu yang pertama didemokan sekaligus dipraktikkan peserta. Egg tofu dipotong bulat tebal dan diberi lapisan daging di atasnya. Tahu kemudian dikukus dan diberi saus asam manis gurih lezat. Berikut ini tips membuat Steamed Tofu dan menu tahu lain yang bisa kita praktikkan di rumah. 1. Jika memotong tofu berbentuk tube, potong dari bagian tengahnya. Potong dengan gerakan gergaji karena jika lurus saja, tahu akan hancur karena tekanan plastik pembungkus. 2. Saat membuat adonan aci dan daging untuk dikukus, gunakan daging udang, ikan, atau ayam karena lebih mudah menempel. Daging sapi kurang baik karena lebih berbutir teksturnya. 3. Bahan-bahan adonan daging terdiri dari ayam/udang/ikan giling, putih telur, dan tepung sagu. Adoni dahulu daging dan putih telur hingga kalis dan menempel, baru masukkan tepung. Jika berbarengan, adonan bisa encer.

10 Tips Mudah Memasak Tahu ala Restoran
Peserta asyik memeragakan resep plus tips membuat olahan tahu di Cooking Class Maggi.4. Dalam mengukus masakan berdaging, cairan alami daging yang kaya rasa akan keluar. Jangan dibuang tapi gunakan sebagai campuran saus. 5. Penggunaan Maggi pada masakan akan membuat rasanya makin lezat. Maggi Cube Rasa Ayam dan Sapi akan membuat hidangan kaya rasa melalui ekstrak ayam dan sapi asli. Begitu juga dengan Maggi Seasoning yang cocok untuk hidangan serba gurih.
10 Tips Mudah Memasak Tahu ala Restoran
Pilih produk Maggi sesuai menu yang akan dimasak.6. Maggi Saus Tiram tidak kalah memperkaya rasa hidangan dengan tekstur yang lebih kental, contohnya seperti pada hidangan seafood dan oriental. Bahkan, ia juga cocok jadi penambah rasa pada adonan daging seperti siomay dan bakso. 7. Tahu yang enak yaitu yang dalamnya lembab namun tergoreng cokelat luarnya. Jadi, goreng tahu dengan minyak banyak dan panas sebentar saja. Tahu dengan karakter seperti ini bisa kita temukan dalam resep Tahu Goreng Tepung Telur Asin dan Sapo Tahu.
10 Tips Mudah Memasak Tahu ala Restoran
Tahu yang lezat adalah yang cokelat di luar tapi tetap lembut di dalam. Cara menggorengnya ada trik tersendiri.8. Tahu Goreng Tepung Telur Asin adalah tofu udang yang dipotong bulat kemudian diberi lapisan tepung dan digoreng. Kemudian, tofu ditumis dengan saus telur asin. Untuk membuat saus telur asin, hanya kuning telur asin yang jadi bahan utama. Dalam masakan Tiongkok, digunakan pula cabai kering. Angin-anginkan cabai segar dengan cara digantung hingga kering. 9. Dalam membuat Sapo Tahu, hidangan tahu yang berkuah kental ini, gunakan tepung sagu untuk mengentalkannya supaya kuah berwarna jernih.
10 Tips Mudah Memasak Tahu ala Restoran
Steamed Tofu ala resto yang bisa kita buat sendiri di rumah.10. Sebaliknya, Tahu Goreng Siram Daging Lada Hitam menggunakan larutan tepung maizena yang membuat saus keruh. Warna cantik yang dihasilkan karena perpaduan daging dan Maggi Saus Tiram justru akan keluar. Kelas masak Sedap membuat pengetahuan dapur kita akan selalu bertambah, Sobat SaSe. Yuk, ikuti kelas selanjutnya. (DV) FOTO: DOK. SAJI SEDAP